Selasa, 13 November 2012

PSIKOLOGI DAN TEKNOLOGI

A.        PENGERTIAN PSIKOLOGI DAN INTERNET

Apa itu psikologi . . . ??
Psikologi berasal dari kata dalam bahasa Yunani Psychology yang merupakan gabungan dan kata psyche dan logos. Psyche berarti jiwa dan logos berarti ilmu. Secara harafiah psikologi diartikan sebagal ilmu jiwa. Istilah psyche atau jiwa masih sulit didefinisikan karena jiwa itu merupakan objek yang bersifat abstrak, sulit dilihat wujudnya, meskipun tidak dapat dimungkiri keberadaannya. Dalam beberapa dasawarsa ini istilah jiwa sudah jarang dipakai dan diganti dengan istilah psikis.

Pengertian Psikologi Menurut Beberapa Ahli
Ada banyak ahli yang mengemukakan pendapat tentang pengertian psikologi, diantaranya:
·         Pengertian Psikologi menurut Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13 (1990), Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang baik yang dapat dilihat  secara langsung maupun yang tidak dapat dilihat secara langsung.
·          Pengertian Psikologi menurut Dakir (1993), psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.
·         Pengertian Psikologi menurut Muhibbin Syah (2001), psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk , berjalan dan lain sebgainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.
·         Dari beberapa definisi tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut berupa tingkah laku yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun yang tidak disadari.
Dapat diketahui bahwa pengertian psikologi merupakan ilmu tentang tingkah laku. Pada hakekatnya tingkah laku manusia itu sangat luas, semua yang dialami dan dilakukan manusia merupakan tingkah laku. Semenjak bangun tidur sampai tidur kembali manusia dipenuhi oleh berbagai tingkah laku.

Apa itu internet . . .??
Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung secara global yang memungkinkan pengguna internet saling bertukar informasi/data melalui jaringan tersebut. Internet adalah sistem komunikasi data berskala global, suatu infrastruktur yang terdiri dari hardware dan software yang menghubungkan komputer yang berada di jaringannya. So, internet berbicara mengenai jaringan komputer yang terhubung dan saling berinteraksi satu sama lain dalam skala global.

PUBLIKASI ONLINE
adalah dimana kita mempublikasikan / memamerkan karya kita pada orang banyqak dengan jalur internet contohnya iklan2 yang ada di internet / youtube

ETIKA DALAM PENELITIAN
Etika berasal dari bahasan Yunani ethos. Istilah etika bila ditinjau dari aspek etimologis memiliki makna kebiasaan dan peraturan perilaku yang berlaku dalam masyarakat. Menurut pandangan Sastrapratedja (2004), etika dalam konteks filsafat merupakan refleksi filsafati atas moralitas masyarakat sehingga etika disebut pula sebagai filsafat moral. Etika membantu manusia untuk melihat secara kritis moralitas yang dihayati masyarakat, etika juga membantu kita untuk merumuskan pedoman etis yang lebih adekuat dan norma-norma baru yang dibutuhkan karena adanya perubahan yang dinamis dalam tata kehidupan masyarakat. Sedangkan etika dalam ranah penelitian lebih menunjuk pada prinsip-prinsip etis yang diterapkan dalam kegiatan penelitian.
Peneliti dalam melaksanakan seluruh kegiatan penelitian harus memegang teguh sikap ilmiah (scientific attitude) serta menggunakan prinsip-prinsip etika penelitian. Meskipun intervensi yang dilakukan dalam penelitian tidak memiliki risiko yang dapat merugikan atau membahayakan subyek penelitian, namun peneliti perlu mempertimbangkan aspek sosioetika dan menjunjung tinggi harkat dan martabat kemanusiaan (Jacob, 2004).
Etika penelitian memiliki berbagai macam prinsip, namun terdapat empat prinsip utama yang perlu dipahami oleh pembaca, yaitu: menghormati harkat dan martabat manusia (respect for human dignity), menghormati privasi dan kerahasiaan subyek penelitian (respect for privacy and confidentiality), keadilan dan inklusivitas (respect for justice and inclusiveness), dan memperhitungkan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan (balancing harms and benefits) (Milton, 1999; Loiselle, Profetto-McGrath, Polit & Beck, 2004). Prinsip pertama, peneliti perlu mempertimbangkan hak-hak subyek untuk mendapatkan informasi yang terbuka berkaitan dengan jalannya penelitian serta memiliki kebebasan menentukan pilihan dan bebas dari paksaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan penelitian (autonomy).
Bentuk etikanya:
·         Mencantumkan sumber yang kita ambil
·         Tidak mengubah teori yang ad

PENELITIAN YANG MENGAMBIL TEMA TENTANG INTERNET
Yaitu penelian yg berjudul penggunaan
internet yang belebihan berdampak pada psikologis anak” dimana pada jaman sekarang internet tidak hanya dipakai oleh orang dewasa tapi juga anak-anak yang digunakan bukan hanya untuk mencari tugas, berita tapi juga untuk chating dan bermain game online sehingga terkadang anak-anak kecanduan internet dan bermain internet pada jam sekolah juga kadang disertai prilaku negative. Seperti
·         mencuri, prilaku ini didasari karna kecanduan internet sedangkan kondisi ekonomi minim sehingga mempengaruhi anak untuk berbuat negative.
·         Membuka situs yang tidak seharusnya karna tidak ada pengawasan penuh.
·         Individual karna biasanya anak-anak yang kecanduan internet jarang bergaul dengan teman sebayanya sehingga menimbulkan sikap yang cenderung pemalu,pendiam dan individual
·         Terkadang anak-anak juga mempunyai daya imajinasi yang tinggi
·         Pemikiranya lebih dewasa dibandingkan umurnya
Jadi internet bisa mempengaruhi prilaku / membentuk prilaku pada anak dan sikap kita sebagai orang yang lebih tua adalah memantau dan memberikan penjelasan pada anak-anak mana situs yang boleh dimainkan dan tidak boleh dimainkan serta memberi batas waktu untuk mengunakan internet sehingga prilaku anak-anakpun bisa terbentuk dengan baik.   

B.     PENOMENA YANG BERKAITAN DENGAN PSIKOLOGI DAN INTERNET

GAME ONLINE
Apa itu “permainan game”?.?.?
Dalam pengertian yang luas permainan game berarti “hiburan”. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Sejalan dengan makin membanjirnya para penggemar game ini, teknologi piranti lunak untuk permainan ini pun berkembang kian pesat. Dari sekadar video game berbasis PC atau TV yang dimainkan sendiri atau secara bersama (multiplayer) di sebuah medium yang sama, kini mulai bergerak menuju permainan yang terhubung secara online. Artinya, seorang pemain (player) akan bisa adu strategi dan ketrampilan dengan sejumlah pemain lain yang berada di belahan dunia yang lain. Keberadaan internetlah yang memungkinkan hal itu terjadi.
Tak salah lagi, game online akhirnya Apa itu “permainan game”? Dalam pengertian yang luas permainan game berarti “hiburan”. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.Game atau permainan adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan refreshing.

Game online adalah game yang berbasis elektronik dan visual dan dimainkan dengan memanfaatkan media visual elektronik yang biasanya menyebabkan radiasi pada mata, sehingga mata pun lelah dan biasanya diiringi dengan sakit kepala. game online juga menyediakan server-server tertentu agar bisa dimainkan. Namun, game online berbeda dari game yang lain, game online tidak ada akhirnya dan game online dapat juga menghasilkan uang tambahan yaitu dengan menukarkan mata uang di game online dengan bentuk rupiah atau bisa juga dengan menjual karakter game online kepada orang lain. Bila sudah “dewa”, harganya bisa mencapai jutaan rupiah.
Contoh game online adalah:
Social game / The Sims Social sebenarnya sudah lama hadir di Facebook. Yang dimaksud social game disini adalah sebuah game yang bisa kamu mainkan dengan teman kamu, yang mana teman kamu dibutuhkan untuk saling berinteraksi, bertukar item ataupun membantu dalam menjalankan quest tertentu. Genre yang disediakan juga bermacam-macam dan juga dimana banyak interaksi sosial yang terjadi antara karakter kamu dengan karakter teman kamu, mulai dari membangun hubungan yang baik, hingga saling membantu untuk membangun rumah.
Ya, bisa dibilang karakter dalam game ini merupakan perwujudan digital dari diri kamu sendiri.

Cara bermainya:
·         Sama seperti game-game The Sims yang ada di konsol, pada awalnya kamu juga diharuskan membuat sebuah karakter dengan berbagai macam kustomisasi, mulai dari penampilan, hingga baju yang dikenakan.
·         Setelah itu, kamu akan diberikan sebuah rumah, dan memulai “kehidupan” kamu di dunia maya. Tutorial langkah demi langkah juga disediakan dalam game ini, dan menurut saya cukup membantu untuk orang yang awam dengan The Sims sekalipun.
·         Dalam game ini, karakter kamu bisa merasakan kesepian, kelaparan, bahkan mengantuk apabila kamu meninggalkannya dalam waktu yang cukup lama. Untuk memenuhi kebutuhannya, kamu harus mengeklik ikon-ikon yang bersesuaian dan karakter kamu pun akan menjalankan aktivitas untuk memenuhi kebutuhannya, seperti mengambil makanan dari kulkas jika lapar, atau tidur jika sedang mengantuk.
http://www.duniaku.net/wp-content/uploads/2011/09/duniaku-sims-2.jpg
·         Kamu bisa menambah neighbor kamu dengan mengundang teman-teman facebook kamu yang belum bermain, atau mengajak teman yang sudah bermain untuk menjadi tetangga kamu. Semakin banyak kamu memiliki neighbor, maka kamu akan semakin mudah dalam menyelesaikan quest, karena banyak sekali quest dalam game ini yang membutuhkan bantuan teman.
 Animasi yang ditampilkan dalam game ini juga sangat baik, meskipun sedikit mengubah kebiasaan The Sims yang selalu hadir dalam grafis 3D di konsol atau handheld-nya. Meskipun konsepnya sederhana, namun game ini saya anggap adalah salah satu game paling adiktif yang dimiliki Facebook. Meskipun baru seumur jagung, namun saya rasa game ini memiliki potensi untuk bersaing dengan keluarga Ville milik Zynga, apabila EA memberikan pelayanan yang baik dan rajin memberikan update-update yang menarik.

Trik-trik bermain The Sims Social:
·         Kita bisa mendapat 10 EXP per energi di tempat teman kita, yaitu
dengan cara jadi "Pemulung", alias klik tempat sampah punya teman kita
pilih "Rummage". Tidak hanya mendapat 10 EXP, kita juga menpapat
Simoleons (mata uang The Sims Social)
 Hemat energi tanpa ngambil trait "Insane" : Yaitu saat berkunjung ke
rumah tetangga, biarkan sims bertindak sendiri, ketika muncul menu
interaksi dengan lawannya, ia akan menjatuhkan item "mood" dan kebutuhan
sosialisasi pun dapat "hijau" kembali tanpa harus buang-buang energi.
·          Kalau mau jaga kondisi Inspired, dan kebetulan kalian tidak ada
kerjaan, masuk ke Shop/Craft, mood parameters tidak akan turun selama
kalian berada di dalam Shop/Craft window
·         Tiap kali mau log off, biasakan untuk meninggalkan beberapa
"barang-barang rusak" di rumah kamu. Jangan Repaor peralatan yang rusak
kecuali kamu mau memakainya. Kenapa ? soalnya memberikan "kerjaan" buat
teman yang visit ke rumahmu. Dapet Simoleons dan exp gratis (bagi si
empunya rumah) dan si Visitor dapet mood juga.
·         Saat sims kita butuh makan, bladder, mandi, entertainment atau
bahkan sosialisasi, kunjungi aja rumah Bella dan pake peralatannya.
Peralatan di sana gak pernah rusak/kotor.
·         Tempatkan karpet di bawah peralatan mandi (Shower, Sink, Toilet,
Etc). Tidak akan ada lagi genangan air kalaupun peralatan tersebut
rusak. Kamu tidak perlu membersihkan genangan air lagi.

DAMPAK NEGATIVE DAN POSITIF:
Dampak negative:
·         game ini kurangnya sosialisasi fisik, penghuni lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersosialisasi di dunia maya sehingga sosialisasi di dunia nyata berkurang.
·         Permainan ini sangat menarik sehingga membuat pemainya betah berjam-jam di depan computer yang bisa membuat mata menjadi sakit (penglihatan berkurang), sakit punggung, sakit kepala dll
·         Malas belajar
·         Membuat anak-anak cederung pemalu karna mereka jarang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar
·         Membuat pemainya cenderung kecanduan

Dampak positif:
·         penggunaan Secondlife memungkinkan penghuni untuk melakukan sosialisasi virtual tanpa dibatasi ruang dan waktu. Mungkin sudah tidak asing lagi ketika sesama penghuni menjalin pertemanan di dunia nyata bahkan pernikahan yang bermula dari bermain Secondlife bersama dan dari kedekatan mereka di Secondlife.
·         Mengurangi stress akibat aktivitas yang itu-itu saja
·         Bagi anak-anak yang bersifat pemalu games ini bisa membantu anak belajar bersosialisasi / berinteraksi dengan orang baru secara tidak langsung
·         Peningkatan kemampuan belajar Kompleksitas games ini memberikan anak Anda kesempatan untuk meningkatkan keterampilan kognitif seperti memecahkan masalah dan membuat keputusan. Karna game ini telah berkembang ke titik di mana penggunanya harus mengambil kendali dan berpikir sendiri.
·         Dalam game ini mempunyai pesan bagaimana pentingnya bersosialisasi, ramah, baik dan selalu membantu setiap orang akan berdampak baik pada kelanjutan hidup kita dan mampu meringankan beban saat kita mendapat masalah.
·         Game ini mengajarkan Dimana sesuatu yang kita inginkan harus ada perjuanganya (bukan cara instan), sehingga membentuk pribadi yang gigih dan tidak pantang menyerah
·         Melatih kreatifitas dan daya imajinasi seseorang
·         Game ini menggunakan bahasa asing sehingga secara tidak langsung membantu mengajarkan kita belajar bahasa asing 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar