KOMUNITAS ONLINE dan KEUNIKANNYA
Komunitas
online merupakan komunitas yang mempunyai keunikan tersendiri. Dibilang unik
karena para anggota didalam sebuah komunitas online bisa secara bersama-sama
melakukan suatu aksi tanpa harus berkumpul di satu tempat. Onliner New York, Denpasar,
Palu, Jakarta, Seoul, Semarang, Surabaya, Bandung yang bergabung dalam sebuah
komunitas dapat melakukan satu aksi kampanye secara berbarengan melalui
internet (contoh: Kampanye anti Global Warming, kampanye dukung Pulau Komodo, kampanye
gemar membaca buku). Namun onliner juga manusia,merasa tak afdol jika belum berinteraksi
langsung secara fisik dengan onliner lainnya. Terjadilah pertemuan para onliner
di dunia nyata yang umumnya dinamakan Kopdar. Kopdar adalah suatu bentuk
komunikasi nyata pelaku dunia maya dimana orang yang ikut kopdar itu bisa
saling berkenalan secara pribadi atau sharing ilmu dan pengalaman. Tak bisa
dipungkiri bahwa secara psikologis jika sesorang rutin bertemu dan berinteraksi
dengan orang lain yang mempunyai kesamaan minat di sebuah komunitas akan
menimbulkan ikatan emosional tersendiri dihati orang tersebut terhadap
komunitasnya.
Komunitas
Online - Perananannya dalam Masyarakat
Di
era internet siapapun bisa membuat dan menyebarkan informasi. Namun sepenting
apapun informas itu,bila hanya disuarakan satu orang onliner tentu saja
gaungnya tidak akan kedengaran. Disinilah peran sebuah komunitas online
diperlukan. Sebuah informasi bila disuarakan secara bersama-sama oleh komunitas
Online tentu gaungnya akan besar terdengar,yang bisa menarik perhatian media
mainstream maupun pemerintah. Setelah diberitakan oleh media mainstream
tentunya informasi penting yang digaungkan para onliner ini akan menjadi
informasi yang diketahui banyak orang. Komunitas online juga dapat membentuk
suatu aksi sosial ditengah masyarakat. Aksi-aksi sosial yang dilakukan komunitas
online ini pada umumnya merupakan kegiatan positif yang nyata dengan tujuan
membuat suatu perubahan yang lebih baik didalam masyarakat. Beberapa contoh
aksi sosial yang dilakukan komunitas online: Aksi berinternet sehat dan belajar
ngeblog oleh BandungBlogVaganza, Aksi Gerakan Berbagi dan kampanye keselamatan
berkendara oleh DBLOGGER, aksi mengumpulkan buku untuk disumbangkan oleh DOT’S.
Sosial media yang digunakan oleh komunitas online dapat menjadi kekuatan yang
dahsyat melawan ketidakadilan,penyimpangan,dan kesewenang-wenangan hukum dan
juga pemerintah yang berkuasa. Baru-baru ini kita melihat betapa dahsyatnya
sosial media membentuk kekuatan massa, yang bisa menjatuhkan pemerintah yang
berkuasa,seperti yang terjadi di Tunisia dan Mesir. Di Indonesia sendiri
kekuatan aksi komunitas online sudah terbukti bisa melawan ketidakadilan dalam
hukum,seperti yang terjadi pada Gerakan Koin Prita dan Gerakan dukung
Bibit-Chandra. Komunitas online merupakan sebuah bentuk peradaban baru di
kehidupan manusia. Komunitas online yang menggunakan sosial media sebagai
alatnya, secara perlahan membuat revolusi didalam kehidupan masyarakat,menjadi
penggerak sebuah perubahan dalam berbagai bidang,baik dibidang
sosial,politik,ataupun ekonomi.
POPULASI KELOMPOK KOMUNITAS ONLINE
Ketika
ARPANET, prekursor Internet, datang online pada tahun 1969, tidak memiliki
momen dasar seperti telepon, di mana Alexander Graham Bell memerintahkan
rekannya Thomas Watson: "Pak Watson, datang ke sini, aku ingin kau
"kalimat itu menandakan era orang-ke-orang komunikasi melalui jarak..
Sebaliknya, ARPANET terhubung komunitas. Pada hari-hari awal, itu adalah sebuah
komunitas peneliti komputer di universitas-universitas besar di Amerika Serikat
bekerja sama pada masalah. Sejak itu, kemampuan internet yang memungkinkan
banyak-ke-banyak komunikasi telah mendorong masyarakat dari berbagai ukuran dan
jenis.
Dalam
laporan ini, kami menilai lingkup komunitas online di Amerika Serikat dan
dampak mereka terhadap kehidupan masyarakat. Kami memeriksa dua jenis
masyarakat-terutama mereka yang berbasis cyber dengan tidak ada aspek inheren
geografis (yaitu, komunitas online) dan orang-orang di mana orang menggunakan
internet untuk berhubungan dengan kelompok-kelompok berbasis di masyarakat di
mana mereka tinggal (yaitu, komunitas online ). Kita menyebut anggota kelompok
mantan Kami mendefinisikan orang-orang yang termasuk kelompok yang berkaitan
dengan komunitas mereka sebagai "Groupies lokal" dan menganalisis
bagaimana mereka menggunakan internet untuk tetap berhubungan dengan urusan
lokal "Cyber Groupies.".
Survei
kami menunjukkan bahwa akan online untuk terhubung dengan kelompok merupakan
bagian utama dari pengalaman Internet Amerika '. Lebih banyak orang telah
menggunakan Internet untuk menghubungi kelompok online daripada melakukan
kegiatan yang sangat populer, seperti mendapatkan berita online, informasi
kesehatan, atau informasi keuangan. Lebih banyak orang berpartisipasi dalam
kelompok online daripada membeli sesuatu secara online. Sepenuhnya 84% dari
semua pengguna internet telah menghubungi kelompok secara online pada satu
waktu atau yang lain. Kami memanggil mereka Groupies Cyber dan
ada sekitar 90 juta dari mereka. Beberapa 79% dari Cyber groupies
mengidentifikasi kelompok tertentu dengan mana mereka tetap berhubungan. Selain
itu, Cyber groupies sering berselancar ke
lebih dari satu kelompok online, Cyber rata Groupie telah pergi ke
sekitar empat kelompok online yang berbeda pada satu waktu atau yang lain.
Akhirnya, seperempat pengguna internet (26%) mengatakan mereka telah menggunakan
email dan web untuk menghubungi atau mendapatkan informasi tentang kelompok dan
organisasi dalam komunitas mereka. Ini nomor Groupies lokal lebih dari 28 juta.
Demografi
penduduk Groupie Cyber cukup dekat dengan populasi
internet secara keseluruhan. Dimana perbedaan yang muncul, pola menunjukkan
bahwa pengadopsi awal Internet lebih mungkin telah menghubungi kelompok online.
Ini berarti bahwa Cyber Groupies lebih cenderung menjadi
laki-laki dan memiliki pendidikan perguruan tinggi atau lebih baik. Groupies
Cyber juga cenderung lebih muda
daripada non-groupies. Ini tidak diragukan lagi ini terkait dengan fakta bahwa
kelompok online memainkan peran kecil dalam kehidupan orang-orang di atas usia
55.
Daya
tarik yang luas dari kelompok online dan kemiringan muda dari Groupie Cyber populasi
terutama di kalangan mereka yang aktif dalam kelompok online dan mereka yang
baru saja bergabung dengan mereka-menunjukkan bahwa Internet menyediakan tempat
yang penting untuk aktivitas asosiasional untuk beberapa online yang paling
antusias Amerika. Hal ini terjadi dalam konteks kekhawatiran luas bahwa Amerika
kurang dan kurang bersedia untuk terlibat dalam urusan masyarakat dan kegiatan
kelompok. Ini terlalu dini untuk mengatakan bahwa penggunaan internet yang
membalikkan tren itu. Namun temuan dari survei ini menunjukkan bahwa kegiatan
kelompok yang berkembang secara online dan itu adalah tempat yang menarik
pengguna internet untuk aktivitas grup baru.
KELOMPOK KERJA VIRTUAL
DUNIA
KERJA VIRTUAL
DEFINISI
Mendefinisikan Dunia Kerja Virtual
• Hal ini paling sederhana didefinisikan sebagai
pekerjaan yang dilakukan di luar kantor fisik tradisional atau bekerja ruang.
Ini mungkin berarti bahwa para pekerja individu atau tim didasarkan secara
fisik jauh dari organisasi kantor, baik di rumah atau di departemen yang
berbeda atau negara, atau dalam virtual (3D simulasi) lingkungan. Atau,
karyawan dan / atau kantor organisasi atau ruang kerja bisa menjadi virtual,
misalnya dalam lingkungan virtual 3D seperti Second Life (SL). Virtual Pekerja
• Pekerja virtual individu dapat menjadi orang-orang
di permanen, tipe semi-permanen dan fleksibel skenario kerja, misalnya bekerja
dari rumah atau hanya menggunakan teknologi modern seperti virtual private
jaringan, konferensi video dan Voice over IP. Baru-baru ini, teknologi ini telah
diperpanjang oleh platform internet baru seperti blog, wiki atau jaringan
sosial, di mana tim virtual kolaboratif dapat menciptakan konten. Mungkin versi
yang paling canggih dari jaringan sosial dunia maya 3D yang memungkinkan
anggota tim virtual untuk bekerja di immersive lingkungan meniru tatap muka
komunikasi dengan rekan-rekan.Telecommuting, e-Komuter, e-pekerjaan, Telework,
bekerja di rumah (WAH), atau bekerja dari rumah (WFH) adalah pengaturan kerja
yang membuat karyawan menikmati beberapa fleksibilitas dalam lokasi kerja dan
jam. Fleksibilitas ini meningkatkan kerja dari kelompok-kelompok marjinal,
seperti ibu dan ayah dengan kecil anak, orang cacat dan orang-orang yang
tinggal di daerah terpencil. Beberapa pekerja, seperti konsultan manajemen yang
cenderung untuk bekerja pada mereka Sisi klien sebagian besar waktu, tidak
memiliki meja yang ditunjuk atau ruang kantor karena mereka menghabiskan
sebagian besar waktu mereka keluar dari kantor.
• Sebuah
tim virtual adalah sekelompok individu yang bekerja di waktu, ruang, dan
organisasi batas dengan link diperkuat dengan jaring teknologi komunikasi.
Dalam hari ini organisasi, tim ini terdiri dari karyawan baik yang bekerja di
rumah atau di kantor, tetapi dalam berbeda fisik atau lokasi geografis.
• Tim
virtual yang digunakan untuk mendapatkan fleksibilitas dalam beban kerja
masing-masing pekerja virtual, sehingga pekerjaan dapat diserahkan ke satu sama
lain mulus. Sebagai contoh, jaringan freelancer dapat bertemu di warung kopi,
di salah satu rumah mereka atau di lokasi klien ketika wajah-to-face Komunikasi
diperlukan, tetapi segala sesuatu dapat dilakukan secara virtual.
• Ada
beberapa jenis yang berbeda dari tim virtual:
1. Perusahaan
Virtual Tim terdiri dari orang-orang yang semua pekerjaan yang sama perusahaan
tetapi dalam departemen yang berbeda dan, kemungkinan besar, lokasi yang
berbeda.
2. Organisasi
Virtual Tim yang terdiri dari anggota yang bekerja untuk berbagai organisasi.
Sebagai contoh, tim pemasaran dapat bekerja dalam kemitraan dengan bertanggung
jawab untuk melaksanakan karya kreatif atas nama mereka eksternal lembaga. Itu anggota
tim akan bekerja di bawah manajemen yang berbeda dan dalam kerja yang berbeda kondisi,
mungkin memiliki ide-ide yang bertentangan tentang apa tujuan mereka seharusnya
dan sering memiliki sedikit kesadaran tanggung jawab lain rekan-rekan mereka
'atau proyek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar