A.
PENGERTIAN
PSIKOLOGI DAN INTERNET
Apa itu
psikologi . . . ??
Psikologi berasal dari kata dalam
bahasa Yunani Psychology yang merupakan gabungan dan kata psyche dan logos. Psyche berarti
jiwa dan logos berarti ilmu. Secara harafiah psikologi diartikan sebagal ilmu
jiwa. Istilah psyche atau jiwa masih sulit didefinisikan
karena jiwa itu merupakan objek yang bersifat abstrak, sulit dilihat wujudnya,
meskipun tidak dapat dimungkiri keberadaannya. Dalam beberapa dasawarsa ini
istilah jiwa sudah jarang dipakai dan diganti dengan istilah psikis.
Pengertian
Psikologi Menurut Beberapa Ahli
Ada
banyak ahli yang mengemukakan pendapat tentang pengertian psikologi,
diantaranya:
·
Pengertian
Psikologi menurut Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13
(1990), Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang
baik yang dapat dilihat secara langsung maupun yang tidak dapat dilihat
secara langsung.
·
Pengertian
Psikologi menurut Dakir (1993), psikologi membahas tingkah laku
manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.
·
Pengertian
Psikologi menurut Muhibbin Syah (2001), psikologi adalah ilmu
pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia
baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan.
Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi
perbuatan berbicara, duduk , berjalan dan lain sebgainya, sedangkan tingkah
laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.
·
Dari
beberapa definisi tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian
psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah
laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan
lingkungannya. Tingkah laku tersebut berupa tingkah laku yang tampak maupun
tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun yang tidak disadari.
Dapat
diketahui bahwa pengertian psikologi merupakan ilmu tentang tingkah
laku. Pada hakekatnya tingkah laku manusia itu sangat luas, semua yang dialami
dan dilakukan manusia merupakan tingkah laku. Semenjak bangun tidur sampai
tidur kembali manusia dipenuhi oleh berbagai tingkah laku.
Apa itu internet
. . .??
Internet adalah
jaringan komputer yang saling terhubung secara global yang memungkinkan pengguna
internet saling bertukar informasi/data melalui jaringan tersebut. Internet
adalah sistem komunikasi data berskala global, suatu infrastruktur yang terdiri
dari hardware dan software yang menghubungkan komputer yang berada di
jaringannya. So, internet berbicara mengenai jaringan komputer yang
terhubung dan saling berinteraksi satu sama lain dalam skala global.
PUBLIKASI
ONLINE
adalah
dimana kita mempublikasikan / memamerkan karya kita pada orang banyqak dengan
jalur internet contohnya iklan2 yang ada di internet / youtube
ETIKA
DALAM PENELITIAN
Etika berasal dari bahasan Yunani ethos. Istilah etika bila ditinjau dari aspek etimologis memiliki makna kebiasaan dan peraturan perilaku yang berlaku dalam masyarakat. Menurut pandangan Sastrapratedja (2004), etika dalam konteks filsafat merupakan refleksi filsafati atas moralitas masyarakat sehingga etika disebut pula sebagai filsafat moral. Etika membantu manusia untuk melihat secara kritis moralitas yang dihayati masyarakat, etika juga membantu kita untuk merumuskan pedoman etis yang lebih adekuat dan norma-norma baru yang dibutuhkan karena adanya perubahan yang dinamis dalam tata kehidupan masyarakat. Sedangkan etika dalam ranah penelitian lebih menunjuk pada prinsip-prinsip etis yang diterapkan dalam kegiatan penelitian.
Peneliti dalam melaksanakan seluruh kegiatan penelitian harus memegang teguh sikap ilmiah (scientific attitude) serta menggunakan prinsip-prinsip etika penelitian. Meskipun intervensi yang dilakukan dalam penelitian tidak memiliki risiko yang dapat merugikan atau membahayakan subyek penelitian, namun peneliti perlu mempertimbangkan aspek sosioetika dan menjunjung tinggi harkat dan martabat kemanusiaan (Jacob, 2004).
Etika penelitian memiliki berbagai macam prinsip, namun terdapat empat prinsip utama yang perlu dipahami oleh pembaca, yaitu: menghormati harkat dan martabat manusia (respect for human dignity), menghormati privasi dan kerahasiaan subyek penelitian (respect for privacy and confidentiality), keadilan dan inklusivitas (respect for justice and inclusiveness), dan memperhitungkan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan (balancing harms and benefits) (Milton, 1999; Loiselle, Profetto-McGrath, Polit & Beck, 2004). Prinsip pertama, peneliti perlu mempertimbangkan hak-hak subyek untuk mendapatkan informasi yang terbuka berkaitan dengan jalannya penelitian serta memiliki kebebasan menentukan pilihan dan bebas dari paksaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan penelitian (autonomy).
Etika berasal dari bahasan Yunani ethos. Istilah etika bila ditinjau dari aspek etimologis memiliki makna kebiasaan dan peraturan perilaku yang berlaku dalam masyarakat. Menurut pandangan Sastrapratedja (2004), etika dalam konteks filsafat merupakan refleksi filsafati atas moralitas masyarakat sehingga etika disebut pula sebagai filsafat moral. Etika membantu manusia untuk melihat secara kritis moralitas yang dihayati masyarakat, etika juga membantu kita untuk merumuskan pedoman etis yang lebih adekuat dan norma-norma baru yang dibutuhkan karena adanya perubahan yang dinamis dalam tata kehidupan masyarakat. Sedangkan etika dalam ranah penelitian lebih menunjuk pada prinsip-prinsip etis yang diterapkan dalam kegiatan penelitian.
Peneliti dalam melaksanakan seluruh kegiatan penelitian harus memegang teguh sikap ilmiah (scientific attitude) serta menggunakan prinsip-prinsip etika penelitian. Meskipun intervensi yang dilakukan dalam penelitian tidak memiliki risiko yang dapat merugikan atau membahayakan subyek penelitian, namun peneliti perlu mempertimbangkan aspek sosioetika dan menjunjung tinggi harkat dan martabat kemanusiaan (Jacob, 2004).
Etika penelitian memiliki berbagai macam prinsip, namun terdapat empat prinsip utama yang perlu dipahami oleh pembaca, yaitu: menghormati harkat dan martabat manusia (respect for human dignity), menghormati privasi dan kerahasiaan subyek penelitian (respect for privacy and confidentiality), keadilan dan inklusivitas (respect for justice and inclusiveness), dan memperhitungkan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan (balancing harms and benefits) (Milton, 1999; Loiselle, Profetto-McGrath, Polit & Beck, 2004). Prinsip pertama, peneliti perlu mempertimbangkan hak-hak subyek untuk mendapatkan informasi yang terbuka berkaitan dengan jalannya penelitian serta memiliki kebebasan menentukan pilihan dan bebas dari paksaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan penelitian (autonomy).
Bentuk
etikanya:
·
Mencantumkan
sumber yang kita ambil
·
Tidak
mengubah teori yang ad
PENELITIAN
YANG MENGAMBIL TEMA TENTANG INTERNET
Yaitu
penelian yg berjudul penggunaan
“internet yang belebihan berdampak pada
psikologis anak” dimana pada jaman sekarang internet tidak hanya dipakai
oleh orang dewasa tapi juga anak-anak yang digunakan bukan hanya untuk mencari
tugas, berita tapi juga untuk chating dan bermain game online sehingga
terkadang anak-anak kecanduan internet dan bermain internet pada jam sekolah
juga kadang disertai prilaku negative. Seperti
·
mencuri,
prilaku ini didasari karna kecanduan internet sedangkan kondisi ekonomi minim
sehingga mempengaruhi anak untuk berbuat negative.
·
Membuka
situs yang tidak seharusnya karna tidak ada pengawasan penuh.
·
Individual
karna biasanya anak-anak yang kecanduan internet jarang bergaul dengan teman
sebayanya sehingga menimbulkan sikap yang cenderung pemalu,pendiam dan
individual
·
Terkadang
anak-anak juga mempunyai daya imajinasi yang tinggi
·
Pemikiranya
lebih dewasa dibandingkan umurnya
Jadi
internet bisa mempengaruhi prilaku / membentuk prilaku pada anak dan sikap kita
sebagai orang yang lebih tua adalah memantau dan memberikan penjelasan pada
anak-anak mana situs yang boleh dimainkan dan tidak boleh dimainkan serta memberi
batas waktu untuk mengunakan internet sehingga prilaku anak-anakpun bisa terbentuk
dengan baik.
B.
PENOMENA YANG
BERKAITAN DENGAN PSIKOLOGI DAN INTERNET
GAME
ONLINE
Apa
itu “permainan game”?.?.?
Dalam
pengertian yang luas permainan game berarti “hiburan”. Permainan game juga
merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual
playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan
aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan
intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu
menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Sejalan dengan makin membanjirnya para penggemar game ini, teknologi piranti lunak untuk permainan ini pun berkembang kian pesat. Dari sekadar video game berbasis PC atau TV yang dimainkan sendiri atau secara bersama (multiplayer) di sebuah medium yang sama, kini mulai bergerak menuju permainan yang terhubung secara online. Artinya, seorang pemain (player) akan bisa adu strategi dan ketrampilan dengan sejumlah pemain lain yang berada di belahan dunia yang lain. Keberadaan internetlah yang memungkinkan hal itu terjadi.
Tak salah lagi, game online akhirnya Apa itu “permainan game”? Dalam pengertian yang luas permainan game berarti “hiburan”. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.Game atau permainan adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan refreshing.
Game online adalah game yang berbasis elektronik dan visual dan dimainkan dengan memanfaatkan media visual elektronik yang biasanya menyebabkan radiasi pada mata, sehingga mata pun lelah dan biasanya diiringi dengan sakit kepala. game online juga menyediakan server-server tertentu agar bisa dimainkan. Namun, game online berbeda dari game yang lain, game online tidak ada akhirnya dan game online dapat juga menghasilkan uang tambahan yaitu dengan menukarkan mata uang di game online dengan bentuk rupiah atau bisa juga dengan menjual karakter game online kepada orang lain. Bila sudah “dewa”, harganya bisa mencapai jutaan rupiah.
Sejalan dengan makin membanjirnya para penggemar game ini, teknologi piranti lunak untuk permainan ini pun berkembang kian pesat. Dari sekadar video game berbasis PC atau TV yang dimainkan sendiri atau secara bersama (multiplayer) di sebuah medium yang sama, kini mulai bergerak menuju permainan yang terhubung secara online. Artinya, seorang pemain (player) akan bisa adu strategi dan ketrampilan dengan sejumlah pemain lain yang berada di belahan dunia yang lain. Keberadaan internetlah yang memungkinkan hal itu terjadi.
Tak salah lagi, game online akhirnya Apa itu “permainan game”? Dalam pengertian yang luas permainan game berarti “hiburan”. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.Game atau permainan adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan refreshing.
Game online adalah game yang berbasis elektronik dan visual dan dimainkan dengan memanfaatkan media visual elektronik yang biasanya menyebabkan radiasi pada mata, sehingga mata pun lelah dan biasanya diiringi dengan sakit kepala. game online juga menyediakan server-server tertentu agar bisa dimainkan. Namun, game online berbeda dari game yang lain, game online tidak ada akhirnya dan game online dapat juga menghasilkan uang tambahan yaitu dengan menukarkan mata uang di game online dengan bentuk rupiah atau bisa juga dengan menjual karakter game online kepada orang lain. Bila sudah “dewa”, harganya bisa mencapai jutaan rupiah.
Contoh
game online adalah:
Social
game / The Sims Social sebenarnya sudah lama hadir di Facebook. Yang dimaksud
social game disini adalah sebuah game yang bisa kamu mainkan dengan teman kamu,
yang mana teman kamu dibutuhkan untuk saling berinteraksi, bertukar item
ataupun membantu dalam menjalankan quest tertentu. Genre yang disediakan juga
bermacam-macam dan juga dimana banyak interaksi sosial yang terjadi antara
karakter kamu dengan karakter teman kamu, mulai dari membangun hubungan yang
baik, hingga saling membantu untuk membangun rumah.
Ya,
bisa dibilang karakter dalam game ini merupakan perwujudan digital dari diri
kamu sendiri.
Cara
bermainya:
·
Sama
seperti game-game The Sims yang ada di konsol, pada awalnya kamu juga
diharuskan membuat sebuah karakter dengan berbagai macam kustomisasi, mulai
dari penampilan, hingga baju yang dikenakan.
·
Setelah
itu, kamu akan diberikan sebuah rumah, dan memulai “kehidupan” kamu di dunia
maya. Tutorial langkah demi langkah juga disediakan dalam game ini, dan menurut
saya cukup membantu untuk orang yang awam dengan The Sims sekalipun.
·
Dalam
game ini, karakter kamu bisa merasakan kesepian, kelaparan, bahkan mengantuk
apabila kamu meninggalkannya dalam waktu yang cukup lama. Untuk memenuhi
kebutuhannya, kamu harus mengeklik ikon-ikon yang bersesuaian dan karakter kamu
pun akan menjalankan aktivitas untuk memenuhi kebutuhannya, seperti mengambil
makanan dari kulkas jika lapar, atau tidur jika sedang mengantuk.
·
Kamu
bisa menambah neighbor kamu dengan mengundang teman-teman facebook kamu yang
belum bermain, atau mengajak teman yang sudah bermain untuk menjadi tetangga
kamu. Semakin banyak kamu memiliki neighbor, maka kamu akan semakin mudah dalam
menyelesaikan quest, karena banyak sekali quest dalam game ini yang membutuhkan
bantuan teman.
Animasi yang ditampilkan dalam game ini juga
sangat baik, meskipun sedikit mengubah kebiasaan The Sims yang selalu
hadir dalam grafis 3D di konsol atau handheld-nya. Meskipun konsepnya
sederhana, namun game ini saya anggap adalah salah satu game paling adiktif
yang dimiliki Facebook. Meskipun baru seumur jagung, namun saya rasa game ini
memiliki potensi untuk bersaing dengan keluarga Ville milik Zynga,
apabila EA memberikan pelayanan yang baik dan rajin memberikan update-update
yang menarik.
Trik-trik
bermain The Sims Social:
·
Kita
bisa mendapat 10 EXP per energi di tempat teman kita, yaitu
dengan cara jadi "Pemulung", alias klik tempat sampah punya teman kita
pilih "Rummage". Tidak hanya mendapat 10 EXP, kita juga menpapat
Simoleons (mata uang The Sims Social)
Hemat energi tanpa ngambil trait "Insane" : Yaitu saat berkunjung ke
rumah tetangga, biarkan sims bertindak sendiri, ketika muncul menu
interaksi dengan lawannya, ia akan menjatuhkan item "mood" dan kebutuhan
sosialisasi pun dapat "hijau" kembali tanpa harus buang-buang energi.
dengan cara jadi "Pemulung", alias klik tempat sampah punya teman kita
pilih "Rummage". Tidak hanya mendapat 10 EXP, kita juga menpapat
Simoleons (mata uang The Sims Social)
Hemat energi tanpa ngambil trait "Insane" : Yaitu saat berkunjung ke
rumah tetangga, biarkan sims bertindak sendiri, ketika muncul menu
interaksi dengan lawannya, ia akan menjatuhkan item "mood" dan kebutuhan
sosialisasi pun dapat "hijau" kembali tanpa harus buang-buang energi.
·
Kalau mau jaga kondisi Inspired, dan kebetulan
kalian tidak ada
kerjaan, masuk ke Shop/Craft, mood parameters tidak akan turun selama
kalian berada di dalam Shop/Craft window
kerjaan, masuk ke Shop/Craft, mood parameters tidak akan turun selama
kalian berada di dalam Shop/Craft window
·
Tiap
kali mau log off, biasakan untuk meninggalkan beberapa
"barang-barang rusak" di rumah kamu. Jangan Repaor peralatan yang rusak
kecuali kamu mau memakainya. Kenapa ? soalnya memberikan "kerjaan" buat
teman yang visit ke rumahmu. Dapet Simoleons dan exp gratis (bagi si
empunya rumah) dan si Visitor dapet mood juga.
"barang-barang rusak" di rumah kamu. Jangan Repaor peralatan yang rusak
kecuali kamu mau memakainya. Kenapa ? soalnya memberikan "kerjaan" buat
teman yang visit ke rumahmu. Dapet Simoleons dan exp gratis (bagi si
empunya rumah) dan si Visitor dapet mood juga.
·
Saat
sims kita butuh makan, bladder, mandi, entertainment atau
bahkan sosialisasi, kunjungi aja rumah Bella dan pake peralatannya.
Peralatan di sana gak pernah rusak/kotor.
bahkan sosialisasi, kunjungi aja rumah Bella dan pake peralatannya.
Peralatan di sana gak pernah rusak/kotor.
·
Tempatkan
karpet di bawah peralatan mandi (Shower, Sink, Toilet,
Etc). Tidak akan ada lagi genangan air kalaupun peralatan tersebut
rusak. Kamu tidak perlu membersihkan genangan air lagi.
Etc). Tidak akan ada lagi genangan air kalaupun peralatan tersebut
rusak. Kamu tidak perlu membersihkan genangan air lagi.
DAMPAK
NEGATIVE DAN POSITIF:
Dampak
negative:
·
game
ini kurangnya sosialisasi fisik, penghuni lebih banyak menghabiskan waktu untuk
bersosialisasi di dunia maya sehingga sosialisasi di dunia nyata berkurang.
·
Permainan
ini sangat menarik sehingga membuat pemainya betah berjam-jam di depan computer
yang bisa membuat mata menjadi sakit (penglihatan berkurang), sakit punggung,
sakit kepala dll
·
Malas
belajar
·
Membuat
anak-anak cederung pemalu karna mereka jarang bersosialisasi dengan lingkungan
sekitar
·
Membuat
pemainya cenderung kecanduan
Dampak
positif:
·
penggunaan
Secondlife memungkinkan penghuni untuk melakukan sosialisasi virtual tanpa
dibatasi ruang dan waktu. Mungkin sudah tidak asing lagi ketika sesama penghuni
menjalin pertemanan di dunia nyata bahkan pernikahan yang bermula dari bermain
Secondlife bersama dan dari kedekatan mereka di Secondlife.
·
Mengurangi
stress akibat aktivitas yang itu-itu saja
·
Bagi
anak-anak yang bersifat pemalu games ini bisa membantu anak belajar
bersosialisasi / berinteraksi dengan orang baru secara tidak langsung
·
Peningkatan
kemampuan belajar Kompleksitas games ini memberikan anak Anda kesempatan untuk
meningkatkan keterampilan kognitif seperti memecahkan masalah dan membuat keputusan.
Karna game ini telah berkembang ke titik di mana penggunanya harus mengambil
kendali dan berpikir sendiri.
·
Dalam
game ini mempunyai pesan bagaimana pentingnya bersosialisasi, ramah, baik dan
selalu membantu setiap orang akan berdampak baik pada kelanjutan hidup kita dan
mampu meringankan beban saat kita mendapat masalah.
·
Game
ini mengajarkan Dimana sesuatu yang kita inginkan harus ada perjuanganya (bukan
cara instan), sehingga membentuk pribadi yang gigih dan tidak pantang menyerah
·
Melatih
kreatifitas dan daya imajinasi seseorang
·
Game
ini menggunakan bahasa asing sehingga secara tidak langsung membantu mengajarkan
kita belajar bahasa asing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar