Sabtu, 13 Oktober 2012


KOMUNITAS ONLINE dan KEUNIKANNYA
Komunitas online merupakan komunitas yang mempunyai keunikan tersendiri. Dibilang unik karena para anggota didalam sebuah komunitas online bisa secara bersama-sama melakukan suatu aksi tanpa harus berkumpul di satu tempat. Onliner New York, Denpasar, Palu, Jakarta, Seoul, Semarang, Surabaya, Bandung yang bergabung dalam sebuah komunitas dapat melakukan satu aksi kampanye secara berbarengan melalui internet (contoh: Kampanye anti Global Warming, kampanye dukung Pulau Komodo, kampanye gemar membaca buku). Namun onliner juga manusia,merasa tak afdol jika belum berinteraksi langsung secara fisik dengan onliner lainnya. Terjadilah pertemuan para onliner di dunia nyata yang umumnya dinamakan Kopdar. Kopdar adalah suatu bentuk komunikasi nyata pelaku dunia maya dimana orang yang ikut kopdar itu bisa saling berkenalan secara pribadi atau sharing ilmu dan pengalaman. Tak bisa dipungkiri bahwa secara psikologis jika sesorang rutin bertemu dan berinteraksi dengan orang lain yang mempunyai kesamaan minat di sebuah komunitas akan menimbulkan ikatan emosional tersendiri dihati orang tersebut terhadap komunitasnya.
Komunitas Online - Perananannya dalam Masyarakat
Di era internet siapapun bisa membuat dan menyebarkan informasi. Namun sepenting apapun informas itu,bila hanya disuarakan satu orang onliner tentu saja gaungnya tidak akan kedengaran. Disinilah peran sebuah komunitas online diperlukan. Sebuah informasi bila disuarakan secara bersama-sama oleh komunitas Online tentu gaungnya akan besar terdengar,yang bisa menarik perhatian media mainstream maupun pemerintah. Setelah diberitakan oleh media mainstream tentunya informasi penting yang digaungkan para onliner ini akan menjadi informasi yang diketahui banyak orang. Komunitas online juga dapat membentuk suatu aksi sosial ditengah masyarakat. Aksi-aksi sosial yang dilakukan komunitas online ini pada umumnya merupakan kegiatan positif yang nyata dengan tujuan membuat suatu perubahan yang lebih baik didalam masyarakat. Beberapa contoh aksi sosial yang dilakukan komunitas online: Aksi berinternet sehat dan belajar ngeblog oleh BandungBlogVaganza, Aksi Gerakan Berbagi dan kampanye keselamatan berkendara oleh DBLOGGER, aksi mengumpulkan buku untuk disumbangkan oleh DOT’S. Sosial media yang digunakan oleh komunitas online dapat menjadi kekuatan yang dahsyat melawan ketidakadilan,penyimpangan,dan kesewenang-wenangan hukum dan juga pemerintah yang berkuasa. Baru-baru ini kita melihat betapa dahsyatnya sosial media membentuk kekuatan massa, yang bisa menjatuhkan pemerintah yang berkuasa,seperti yang terjadi di Tunisia dan Mesir. Di Indonesia sendiri kekuatan aksi komunitas online sudah terbukti bisa melawan ketidakadilan dalam hukum,seperti yang terjadi pada Gerakan Koin Prita dan Gerakan dukung Bibit-Chandra. Komunitas online merupakan sebuah bentuk peradaban baru di kehidupan manusia. Komunitas online yang menggunakan sosial media sebagai alatnya, secara perlahan membuat revolusi didalam kehidupan masyarakat,menjadi penggerak sebuah perubahan dalam berbagai bidang,baik dibidang sosial,politik,ataupun ekonomi.
POPULASI KELOMPOK KOMUNITAS ONLINE
Ketika ARPANET, prekursor Internet, datang online pada tahun 1969, tidak memiliki momen dasar seperti telepon, di mana Alexander Graham Bell memerintahkan rekannya Thomas Watson: "Pak Watson, datang ke sini, aku ingin kau "kalimat itu menandakan era orang-ke-orang komunikasi melalui jarak.. Sebaliknya, ARPANET terhubung komunitas. Pada hari-hari awal, itu adalah sebuah komunitas peneliti komputer di universitas-universitas besar di Amerika Serikat bekerja sama pada masalah. Sejak itu, kemampuan internet yang memungkinkan banyak-ke-banyak komunikasi telah mendorong masyarakat dari berbagai ukuran dan jenis.
Dalam laporan ini, kami menilai lingkup komunitas online di Amerika Serikat dan dampak mereka terhadap kehidupan masyarakat. Kami memeriksa dua jenis masyarakat-terutama mereka yang berbasis cyber dengan tidak ada aspek inheren geografis (yaitu, komunitas online) dan orang-orang di mana orang menggunakan internet untuk berhubungan dengan kelompok-kelompok berbasis di masyarakat di mana mereka tinggal (yaitu, komunitas online ). Kita menyebut anggota kelompok mantan Kami mendefinisikan orang-orang yang termasuk kelompok yang berkaitan dengan komunitas mereka sebagai "Groupies lokal" dan menganalisis bagaimana mereka menggunakan internet untuk tetap berhubungan dengan urusan lokal "Cyber ​​Groupies.".
Survei kami menunjukkan bahwa akan online untuk terhubung dengan kelompok merupakan bagian utama dari pengalaman Internet Amerika '. Lebih banyak orang telah menggunakan Internet untuk menghubungi kelompok online daripada melakukan kegiatan yang sangat populer, seperti mendapatkan berita online, informasi kesehatan, atau informasi keuangan. Lebih banyak orang berpartisipasi dalam kelompok online daripada membeli sesuatu secara online. Sepenuhnya 84% dari semua pengguna internet telah menghubungi kelompok secara online pada satu waktu atau yang lain. Kami memanggil mereka Groupies Cyber ​​dan ada sekitar 90 juta dari mereka. Beberapa 79% dari Cyber ​​groupies mengidentifikasi kelompok tertentu dengan mana mereka tetap berhubungan. Selain itu, Cyber ​​groupies sering berselancar ke lebih dari satu kelompok online, Cyber ​​rata Groupie telah pergi ke sekitar empat kelompok online yang berbeda pada satu waktu atau yang lain. Akhirnya, seperempat pengguna internet (26%) mengatakan mereka telah menggunakan email dan web untuk menghubungi atau mendapatkan informasi tentang kelompok dan organisasi dalam komunitas mereka. Ini nomor Groupies lokal lebih dari 28 juta.
Demografi penduduk Groupie Cyber ​​cukup dekat dengan populasi internet secara keseluruhan. Dimana perbedaan yang muncul, pola menunjukkan bahwa pengadopsi awal Internet lebih mungkin telah menghubungi kelompok online. Ini berarti bahwa Cyber ​​Groupies lebih cenderung menjadi laki-laki dan memiliki pendidikan perguruan tinggi atau lebih baik. Groupies Cyber ​​juga cenderung lebih muda daripada non-groupies. Ini tidak diragukan lagi ini terkait dengan fakta bahwa kelompok online memainkan peran kecil dalam kehidupan orang-orang di atas usia 55.
Demografi: The Cyber ​​Groupie Populasi
Daya tarik yang luas dari kelompok online dan kemiringan muda dari Groupie Cyber ​​populasi terutama di kalangan mereka yang aktif dalam kelompok online dan mereka yang baru saja bergabung dengan mereka-menunjukkan bahwa Internet menyediakan tempat yang penting untuk aktivitas asosiasional untuk beberapa online yang paling antusias Amerika. Hal ini terjadi dalam konteks kekhawatiran luas bahwa Amerika kurang dan kurang bersedia untuk terlibat dalam urusan masyarakat dan kegiatan kelompok. Ini terlalu dini untuk mengatakan bahwa penggunaan internet yang membalikkan tren itu. Namun temuan dari survei ini menunjukkan bahwa kegiatan kelompok yang berkembang secara online dan itu adalah tempat yang menarik pengguna internet untuk aktivitas grup baru.

KELOMPOK KERJA VIRTUAL
DUNIA KERJA VIRTUAL
DEFINISI
Mendefinisikan Dunia Kerja Virtual
• Hal ini paling sederhana didefinisikan sebagai pekerjaan yang dilakukan di luar kantor fisik tradisional atau bekerja ruang. Ini mungkin berarti bahwa para pekerja individu atau tim didasarkan secara fisik jauh dari organisasi kantor, baik di rumah atau di departemen yang berbeda atau negara, atau dalam virtual (3D simulasi) lingkungan. Atau, karyawan dan / atau kantor organisasi atau ruang kerja bisa menjadi virtual, misalnya dalam lingkungan virtual 3D seperti Second Life (SL). Virtual Pekerja
• Pekerja virtual individu dapat menjadi orang-orang di permanen, tipe semi-permanen dan fleksibel skenario kerja, misalnya bekerja dari rumah atau hanya menggunakan teknologi modern seperti virtual private jaringan, konferensi video dan Voice over IP. Baru-baru ini, teknologi ini telah diperpanjang oleh platform internet baru seperti blog, wiki atau jaringan sosial, di mana tim virtual kolaboratif dapat menciptakan konten. Mungkin versi yang paling canggih dari jaringan sosial dunia maya 3D yang memungkinkan anggota tim virtual untuk bekerja di immersive lingkungan meniru tatap muka komunikasi dengan rekan-rekan.Telecommuting, e-Komuter, e-pekerjaan, Telework, bekerja di rumah (WAH), atau bekerja dari rumah (WFH) adalah pengaturan kerja yang membuat karyawan menikmati beberapa fleksibilitas dalam lokasi kerja dan jam. Fleksibilitas ini meningkatkan kerja dari kelompok-kelompok marjinal, seperti ibu dan ayah dengan kecil anak, orang cacat dan orang-orang yang tinggal di daerah terpencil. Beberapa pekerja, seperti konsultan manajemen yang cenderung untuk bekerja pada mereka Sisi klien sebagian besar waktu, tidak memiliki meja yang ditunjuk atau ruang kantor karena mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka keluar dari kantor.
•           Sebuah tim virtual adalah sekelompok individu yang bekerja di waktu, ruang, dan organisasi batas dengan link diperkuat dengan jaring teknologi komunikasi. Dalam hari ini organisasi, tim ini terdiri dari karyawan baik yang bekerja di rumah atau di kantor, tetapi dalam berbeda fisik atau lokasi geografis.
•           Tim virtual yang digunakan untuk mendapatkan fleksibilitas dalam beban kerja masing-masing pekerja virtual, sehingga pekerjaan dapat diserahkan ke satu sama lain mulus. Sebagai contoh, jaringan freelancer dapat bertemu di warung kopi, di salah satu rumah mereka atau di lokasi klien ketika wajah-to-face Komunikasi diperlukan, tetapi segala sesuatu dapat dilakukan secara virtual.
•           Ada beberapa jenis yang berbeda dari tim virtual:
1.      Perusahaan Virtual Tim terdiri dari orang-orang yang semua pekerjaan yang sama perusahaan tetapi dalam departemen yang berbeda dan, kemungkinan besar, lokasi yang berbeda.
2.      Organisasi Virtual Tim yang terdiri dari anggota yang bekerja untuk berbagai organisasi. Sebagai contoh, tim pemasaran dapat bekerja dalam kemitraan dengan bertanggung jawab untuk melaksanakan karya kreatif atas nama mereka eksternal lembaga. Itu anggota tim akan bekerja di bawah manajemen yang berbeda dan dalam kerja yang berbeda kondisi, mungkin memiliki ide-ide yang bertentangan tentang apa tujuan mereka seharusnya dan sering memiliki sedikit kesadaran tanggung jawab lain rekan-rekan mereka 'atau proyek. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar