A.Internet
1.Pengertian Internet
1.Pengertian Internet
Internet dan sejarahnya tidak terlepas dari terbentuknya sebuah jaringan komputer yang dilakukan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), yaitu dengan mendomonstrasikan perpaduan antara Hardware dan Software dengan komputer berbasis UNIX, Komunikasi jarak jauh dapat dilakukan tanpa ada batasan yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
ARPANET kemudian merancang sebuah jaringan dengan kehandalan teknologi informasi yang dapat memindahkan data dalam jumlah besar dan dalam waktu yang singkat, dan ditetapkan sebagai sebuah standar pembangunan protokol baru yang saat ini dikenal TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) dan disinilah awal dari segala sejarah internet yang dikenal luas sampai saat ini.
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet. Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang
mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh
dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang
statis hingga yang dinamis dan interaktif.
2. Sejarah internet
Berikut sejarah kemunculan dan perkembangan internet.
Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S.
Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk
mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer
sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama
ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu
sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan
setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung
menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang
penting yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET
mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London
merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan
Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob
Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal
pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil
mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun
kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk
sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin,
menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France
Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana
orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka
dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982
dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita
kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal
dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda,
Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup
USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984
diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain
Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi
1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan
melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan
IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling
berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000
komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling
bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa
menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk
jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui
sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun
1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama
kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di
tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator
1.0.
3. Manfaat internet
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai
akses ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet: 1. Informasi
untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani,
sosial. 2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan,
saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum
komunikasi.
Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara,
ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat
pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat
demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat
internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa
mengenal batas jarak dan waktu.
Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya
para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari
masyarakat informasi dunia.
Berikut sejarah kemunculan dan perkembangan internet.
Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S.
Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk
mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer
sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama
ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu
sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan
setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung
menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang
penting yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET
mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London
merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan
Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob
Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal
pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil
mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun
kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk
sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin,
menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France
Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana
orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka
dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982
dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita
kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal
dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda,
Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup
USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984
diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain
Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi
1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan
melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan
IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling
berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000
komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling
bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa
menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk
jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui
sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun
1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama
kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di
tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator
1.0.
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai
akses ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet: 1. Informasi
untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani,
sosial. 2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan,
saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum
komunikasi.
Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara,
ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat
pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat
demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat
internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa
mengenal batas jarak dan waktu.
Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya
para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari
masyarakat informasi dunia.
B. Web Site atau Situs
1.Pengertian Web Site atau Situs
Situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk
menampilkan informasi, gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu
baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan
yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link.
1.Pengertian Web Site atau Situs
Situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk
menampilkan informasi, gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu
baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan
yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link.
2. Unsur-Unsur Web Site atau Situs
Untuk membangun situs diperlukan beberapa unsur yang harus ada agar situs dapat
berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Unsur-unsur yang harus ada dalam
situs antara lain:
Untuk membangun situs diperlukan beberapa unsur yang harus ada agar situs dapat
berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Unsur-unsur yang harus ada dalam
situs antara lain:
a. Domain Name Domain name atau biasa disebut
nama domain adalah alamat
permanen situs di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs
atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan
situs kita pada dunia internet. Istilah yang umum digunakan adalah URL. Contoh sebuah
URL adalah http://www.octa_haris.tripod.com--dapat juga tanpa www--
Ada banyak macam nama domain yang dapat kita pilih sesuai dengan keinginan.
Berikut beberapa nama domain yang sering digunakan dan tersedia di internet:
1. Generic Domains(gTLDs)
Merupakan domain name yang berakhiran
dengan .Com .Net .Org .Edu .Mil atau .Gov. Jenis domain ini sering juga disebut top
level domain dan domain ini tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehingga siapapun
dapat mendaftar.
Ø.com : merupakan top level domain yang ditujukan untuk kebutuhan "commercial".
Ø.edu : merupakan domain yang ditujukan untuk kebutuhan dunia pendidikan
(education)
Ø.gov : merupakan domain untuk pemerintahan (government)
Ø.mil : merupakan domain untuk kebutuhan angkatan bersenjata (military)
Ø.org : domain untuk organisasi atau lembaga non profit (Organization).
2. Country-Specific Domains (ccTLDs)
Yaitu domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi, dan sering juga disebut second
level domain, seperti .id(Indonesia), .au(Australia), .jp(Jepang) dan lain lain. Domain ini
dioperasikan dan di daftarkan dimasing negara. Di Indonesia, domain-domain ini
berakhiran, .co.id, .ac.id, .go.id, .mil.id, .or.id, dan pada akhir-akhir ini ditambah dengan
war.net.id, .mil.id, dan web.id. Penggunaan dari masing-masing akhiran tersebut
berbeda tergantung pengguna dan pengunaannya, antara lain:
Ø.co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
Ø.ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
Ø.go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
Ø.mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
Ø.or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori
"ac.id","co.id","go.id","mil.id" dan lain
Ø.war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
Ø.sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan
seperti SD, SMP dan atau SMU
Ø.web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang
melakukan kegiatannya di Worl Wide Web.
Nama domain dari tiap-tiap situs di seluruh dunia tidak ada yang sama sehingga tidak
ada satupun situs yang akan dijumpai tertukar nama atau tertukar halaman situsnya.
Untuk memperoleh nama dilakukan penyewaan domain, biasanya dalam jangka
tertentu(tahunan).
permanen situs di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs
atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan
situs kita pada dunia internet. Istilah yang umum digunakan adalah URL. Contoh sebuah
URL adalah http://www.octa_haris.tripod.com--dapat juga tanpa www--
Ada banyak macam nama domain yang dapat kita pilih sesuai dengan keinginan.
Berikut beberapa nama domain yang sering digunakan dan tersedia di internet:
1. Generic Domains(gTLDs)
Merupakan domain name yang berakhiran
dengan .Com .Net .Org .Edu .Mil atau .Gov. Jenis domain ini sering juga disebut top
level domain dan domain ini tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehingga siapapun
dapat mendaftar.
Ø.com : merupakan top level domain yang ditujukan untuk kebutuhan "commercial".
Ø.edu : merupakan domain yang ditujukan untuk kebutuhan dunia pendidikan
(education)
Ø.gov : merupakan domain untuk pemerintahan (government)
Ø.mil : merupakan domain untuk kebutuhan angkatan bersenjata (military)
Ø.org : domain untuk organisasi atau lembaga non profit (Organization).
2. Country-Specific Domains (ccTLDs)
Yaitu domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi, dan sering juga disebut second
level domain, seperti .id(Indonesia), .au(Australia), .jp(Jepang) dan lain lain. Domain ini
dioperasikan dan di daftarkan dimasing negara. Di Indonesia, domain-domain ini
berakhiran, .co.id, .ac.id, .go.id, .mil.id, .or.id, dan pada akhir-akhir ini ditambah dengan
war.net.id, .mil.id, dan web.id. Penggunaan dari masing-masing akhiran tersebut
berbeda tergantung pengguna dan pengunaannya, antara lain:
Ø.co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
Ø.ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
Ø.go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
Ø.mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
Ø.or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori
"ac.id","co.id","go.id","mil.id" dan lain
Ø.war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
Ø.sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan
seperti SD, SMP dan atau SMU
Ø.web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang
melakukan kegiatannya di Worl Wide Web.
Nama domain dari tiap-tiap situs di seluruh dunia tidak ada yang sama sehingga tidak
ada satupun situs yang akan dijumpai tertukar nama atau tertukar halaman situsnya.
Untuk memperoleh nama dilakukan penyewaan domain, biasanya dalam jangka
tertentu(tahunan).
b. Hosting
Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat
menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan
di situs. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya hosting yang
disewa/dipunyai, semakin besar hosting semakin besar pula data yang dapat
dimasukkan dan ditampilkan dalam situs.
Hosting juga diperoleh dengan menyewa. Besarnya hosting ditentukan ruangan
harddisk dengan ukuran MB(Mega Byte) atau GB(Giga Byte).Lama penyewaan hosting
rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan
penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negri.
Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat
menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan
di situs. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya hosting yang
disewa/dipunyai, semakin besar hosting semakin besar pula data yang dapat
dimasukkan dan ditampilkan dalam situs.
Hosting juga diperoleh dengan menyewa. Besarnya hosting ditentukan ruangan
harddisk dengan ukuran MB(Mega Byte) atau GB(Giga Byte).Lama penyewaan hosting
rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan
penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negri.
c. Scripts/Bahasa Program
Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang
pada saat diakses. Jenis scripts sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya
sebuah situs. Semakin banyak ragam scripts yang digunakan maka akan terlihat situs
semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Bagusnya situs dapat terlihat
dengan tanggapan pengunjung serta frekwensi kunjungan.
Beragam scripts saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas situs. Jenis jenis scripts
yang banyak dipakai para designer antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts,
Java applets dsb. Bahasa dasar yang dipakai setiap situs adalah HTML sedangkan ASP
dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis,
dan interaktifnya situs.
Scripts ASP, PHP, JSP atau lainnya bisa dibuat sendiri, bisa juga dibeli dari para penjual
scripts yang biasanya berada di luar negri. Harga Scripts rata-rata sangat mahal karena
sulitnya membuat, biasanya mencapai puluhan juta. Scripts ini biasanya digunakan
untuk membangun portal berita, artikel, forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi,
email, mailing list dan lain sebagainya yang memerlukan update setiap saat. Khusus
Jilbab Online menggunakan bahasa ASP(Active Server Pages).
Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang
pada saat diakses. Jenis scripts sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya
sebuah situs. Semakin banyak ragam scripts yang digunakan maka akan terlihat situs
semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Bagusnya situs dapat terlihat
dengan tanggapan pengunjung serta frekwensi kunjungan.
Beragam scripts saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas situs. Jenis jenis scripts
yang banyak dipakai para designer antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts,
Java applets dsb. Bahasa dasar yang dipakai setiap situs adalah HTML sedangkan ASP
dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis,
dan interaktifnya situs.
Scripts ASP, PHP, JSP atau lainnya bisa dibuat sendiri, bisa juga dibeli dari para penjual
scripts yang biasanya berada di luar negri. Harga Scripts rata-rata sangat mahal karena
sulitnya membuat, biasanya mencapai puluhan juta. Scripts ini biasanya digunakan
untuk membangun portal berita, artikel, forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi,
email, mailing list dan lain sebagainya yang memerlukan update setiap saat. Khusus
Jilbab Online menggunakan bahasa ASP(Active Server Pages).
d. Design Web
Setelah melakukan penyewaan domain dan hosting serta penguasaan scripts, unsur
situs yang paling penting dan utama adalah design. Design web sangat menentukan
kualitas dan keindahan situs. Design sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung
akan bagus tidaknya sebuah web site.
Untuk membuat situs biasanya dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa web
designer. Saat ini sangat banyak jasa web designer, terutama di kota-kota besar. Perlu
diketahui bahwa kualitas situs sangat ditentukan oleh kualitas designer. Semakin
banyak penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukung
pembuatan situs maka akan dihasilkan situs yang semakin berkualitas, demikian pula
sebaliknya. Jasa web designer ini yang umumnya memerlukan biaya yang tertinggi dari
seluruh biaya pembangunan situs dan semuanya itu tergantu ng kualitas designer.
Setelah melakukan penyewaan domain dan hosting serta penguasaan scripts, unsur
situs yang paling penting dan utama adalah design. Design web sangat menentukan
kualitas dan keindahan situs. Design sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung
akan bagus tidaknya sebuah web site.
Untuk membuat situs biasanya dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa web
designer. Saat ini sangat banyak jasa web designer, terutama di kota-kota besar. Perlu
diketahui bahwa kualitas situs sangat ditentukan oleh kualitas designer. Semakin
banyak penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukung
pembuatan situs maka akan dihasilkan situs yang semakin berkualitas, demikian pula
sebaliknya. Jasa web designer ini yang umumnya memerlukan biaya yang tertinggi dari
seluruh biaya pembangunan situs dan semuanya itu tergantu ng kualitas designer.
e. Publikasi
Keberadaan situs tidak ada gunanya dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal oleh
masyarakat atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya situs sangat tergantung
dari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan situs kepada
masyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi.
Publikasi situs di masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan
pamlet-pamlet, selebaran, baliho dan lain sebagainya tapi cara ini bisa dikatakan masih
kurang efektif dan sangat terbatas. cara yang biasanya dilakukan dan paling efektif
dengan tak terbatas ruang atau waktu adalah publikasi langsung di internet melalui
search engine-search engine(mesin pencari, spt : Yahoo, Google, Search Indonesia,
dsb)
Cara publikasi di search engine ada yang gratis dan ada pula yang membayar. Yang
gratis biasanya terbatas dan cukup lama untuk bisa masuk dan dikenali di search engine
terkenal seperti Yahoo atau Google. Cara efektif publikasi adalah dengan membayar,
walaupun harus sedikit mengeluarkan akan tetapi situs cepat masuk ke search engine
dan dikenal oleh pengunjung.
Keberadaan situs tidak ada gunanya dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal oleh
masyarakat atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya situs sangat tergantung
dari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan situs kepada
masyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi.
Publikasi situs di masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan
pamlet-pamlet, selebaran, baliho dan lain sebagainya tapi cara ini bisa dikatakan masih
kurang efektif dan sangat terbatas. cara yang biasanya dilakukan dan paling efektif
dengan tak terbatas ruang atau waktu adalah publikasi langsung di internet melalui
search engine-search engine(mesin pencari, spt : Yahoo, Google, Search Indonesia,
dsb)
Cara publikasi di search engine ada yang gratis dan ada pula yang membayar. Yang
gratis biasanya terbatas dan cukup lama untuk bisa masuk dan dikenali di search engine
terkenal seperti Yahoo atau Google. Cara efektif publikasi adalah dengan membayar,
walaupun harus sedikit mengeluarkan akan tetapi situs cepat masuk ke search engine
dan dikenal oleh pengunjung.
3. Pemeliharaan Web Site atau Situs
Untuk mendukung kelanjutan dari situs diperlukan pemeliharaan setiap waktu sesuai
yang diinginkan seperti penambahan informasi, berita, artikel, link, gambar atau lain
sebagainya. Tanpa pemeliharaan yang baik situs akan terkesan membosankan atau
monoton juga akan segera ditinggal pengunjung.
Pemeliharaan situs dapat dilakukan per periode tertentu seperti tiap hari, tiap minggu
atau tiap bulan sekali secara rutin atau secara periodik saja tergantung kebutuhan(tidak
rutin). Pemeliharaan rutin biasanya dipakai oleh situs-situs berita, penyedia artikel,
organisasi atau lembaga pemerintah. Sedangkan pemeliharaan periodik bisanya untuk situs-situs pribadi, penjualan/e-commerce, dan lain sebagainya.
Untuk mendukung kelanjutan dari situs diperlukan pemeliharaan setiap waktu sesuai
yang diinginkan seperti penambahan informasi, berita, artikel, link, gambar atau lain
sebagainya. Tanpa pemeliharaan yang baik situs akan terkesan membosankan atau
monoton juga akan segera ditinggal pengunjung.
Pemeliharaan situs dapat dilakukan per periode tertentu seperti tiap hari, tiap minggu
atau tiap bulan sekali secara rutin atau secara periodik saja tergantung kebutuhan(tidak
rutin). Pemeliharaan rutin biasanya dipakai oleh situs-situs berita, penyedia artikel,
organisasi atau lembaga pemerintah. Sedangkan pemeliharaan periodik bisanya untuk situs-situs pribadi, penjualan/e-commerce, dan lain sebagainya.
LAYANAN ONLINE
Sebuah penyedia
layanan online dapat misalnya
menjadi penyedia layanan internet , penyedia
email, penyedia berita (press), penyedia hiburan (musik, film), pencarian,
e-situs belanja (toko online), e-keuangan atau e-banking situs, e-health situs,
e-government situs, Wikipedia , Usenet Dalam
pengertian aslinya lebih terbatas itu disebut hanya untuk layanan komunikasi
komputer komersial yang dibayar anggota bisa memanggil melalui komputer modem
komputer pribadi selular jaringan dan akses berbagai layanan dan sumber daya
informasi seperti papan buletin , download file dan program , artikel berita , chat room , dan surat elektronik layanan. The "layanan online" Istilah ini juga
digunakan dalam referensi untuk ini dial-up layanan. Yang tradisional dial-up layanan online berbeda dari
yang modern penyedia layanan
Internet dalam bahwa
mereka memberikan tingkat besar konten yang hanya dapat diakses oleh mereka
yang berlangganan ke layanan online, sementara sebagian besar ISP berfungsi
untuk memberikan akses ke internet dan
umumnya menyediakan sedikit jika ada konten eksklusif sendiri. Di AS,Pelanggaran Hak
Cipta Kewajiban Batasan online Act (Ocilla)
bagian dari US Digital
Millennium Copyright Act telah
memperluas definisi hukum layanan online dalam dua cara yang berbeda untuk
bagian yang berbeda dari hukum. Ini menyatakan dalam bagian
512 (k) (1):
(A)
Sebagaimana digunakan dalam ayat (a), "penyedia layanan" berarti
suatu entitas yang menawarkan transmisi, routing, atau menyediakan koneksi
untuk komunikasi digital secara online, antara atau di antara titik-titik yang
ditentukan oleh pengguna, bahan memilih pengguna , tanpa modifikasi dengan isi
materi sebagai dikirim atau diterima.
(B) Sebagaimana digunakan dalam bagian ini, selain ayat (a), "penyedia layanan" berarti penyedia layanan online atau akses jaringan, atau operator dari fasilitas Oleh karena itu, dan termasuk sebuah entitas dijelaskan dalam sub ayat (A). Definisi yang luas memungkinkan untuk sejumlah besar bisnis web untuk mendapatkan keuntungan dari Ocilla tersebut.
(B) Sebagaimana digunakan dalam bagian ini, selain ayat (a), "penyedia layanan" berarti penyedia layanan online atau akses jaringan, atau operator dari fasilitas Oleh karena itu, dan termasuk sebuah entitas dijelaskan dalam sub ayat (A). Definisi yang luas memungkinkan untuk sejumlah besar bisnis web untuk mendapatkan keuntungan dari Ocilla tersebut.
SP (Internet
Service Provider)
ISP
(Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual
koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik
dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet
melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari
Telkom. Sekarang, dengan perkembangan teknologi ISP itu berkembang tidak hanya
dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti
fiber optic dan wireless.
Di Bali, denpasar pada khususnya ISP dengan teknologi wireless paling banyak tumbuh. Karena teknologi ini “paling murah”. Tidak perlu membangun jaringan kabel, mudah dipindahkan, tidak ada biaya ijin dan lain-lain.
Di Bali, denpasar pada khususnya ISP dengan teknologi wireless paling banyak tumbuh. Karena teknologi ini “paling murah”. Tidak perlu membangun jaringan kabel, mudah dipindahkan, tidak ada biaya ijin dan lain-lain.
Lalu
gimana sebenarnya kerja internet dengan adanya ISP ini?
ISP
terkoneksi satu sama lain dalam Internet Exchange, interkoneksi. Sebagian besar
ISP memerlukan upstream. Upstream itu adalah istilah dari penyedia koneksi dari
ISP tersebut. Jadi ISP juga berlangganan dengan ISP yang lain. ISP yang tidak
memiliki upstream disebut Tier1, tier1 hanya memiliki pelanggan dan
interkoneksi, Channel-11 akan menjadi Tier1 pada saat mati. Hanya ada 9 ISP
yang tergolong Tier 1 di dunia ini
Yaitu
:
AT&T (AS7018)
Global
Crossing (GX) (AS3549)
Level 3 (AS3356)
Verizon Business (formerly UUNET )
(AS701)
NTT Communications / (formerly Verio )
(AS2914)
Qwest (AS209)
SAVVIS (AS3561)
Sprint Nextel Corporation (AS1239)
List
Tier 2 ISP yang paling berpengaruh di dunia :
PCCW
Global (formerly Beyond the Network Access (BTN)) AS3491 (Buys transit from
Savvis AS3561)
Cogent Communications AS174 (buys transit
from Verio, AS2914)
France Télécom AS5511 (buys transit from
Sprint, AS1239)
Tiscali
International AS3257 (buys transit from Sprint, AS1239)
Telecom
Italia Sparkle (Seabone) AS6762 (buys transit from Verizon
Business, AS701 and Sprint, AS1239)
XO
Communications AS2828 (buys transit from Sprint, AS1239)
Prosedur berlangganan
Pelanggan
yang berlangganan dengan sebuah ISP harus mengikuti aturan-aturan berlangganan
yang ditetapkan oleh ISP tersebut. Biasanya masing-masing ISP memiliki
kebijakan-kebijakan tersendiri namun pada umumnya ISP-ISP tersebut melarang
pelanggan untuk menggunakan koneksi internet untuk keperluan-keperluan yang
negative dan melanggar hukum.
WWW (World Wide Web)
World
Wide Web atau sering disingkat WWW adalah jaringan beribu-ribu komputer yang
dikategorikan menjadi dua, yaitu client
dan server dengan menggunakan
software khusus untuk membentuk suatu jaringan yang disebut jaringan
client-server.
WWW (World Wide Web) bukanlah internet namun sangat
berkaitan dengan internet.WWW sendiri bukan sekedar jaringan seperti internet
tetapi di dalamnya terdapat set aplikasi komunikasi dan sistem perangkat lunak
yang memiliki karakteristik sebagai berikut:
> Terletak pada internet host dan client.
> Protokol yang digunakan adalah TCP/IP.
> Mengenal tag HTML.
> Mampu merelasikan data dua arah.
> Terletak pada internet host dan client.
> Protokol yang digunakan adalah TCP/IP.
> Mengenal tag HTML.
> Mampu merelasikan data dua arah.
> Pengguna dapat
mengakses informasi teks, gambar dan suara.
> Model alamat Uniform Resource Locators (URL).
> Pengguna dapat juga mengakses server dengan protokol HTTP, FTP, Telnet dan sebagainya.
Untuk menampilkan informasi dalam WWW maka diciptakan web browser seperti Internet Explorer, Opera, MyIE, Netscape Navigator dan lain-lain. Browser pertama kali sendiri dinamai Mosaic. Namun seiring berkembangnya internet mulailah muncul produk-produk yang menawarkan fasilitas yang lebih baik.
> Model alamat Uniform Resource Locators (URL).
> Pengguna dapat juga mengakses server dengan protokol HTTP, FTP, Telnet dan sebagainya.
Untuk menampilkan informasi dalam WWW maka diciptakan web browser seperti Internet Explorer, Opera, MyIE, Netscape Navigator dan lain-lain. Browser pertama kali sendiri dinamai Mosaic. Namun seiring berkembangnya internet mulailah muncul produk-produk yang menawarkan fasilitas yang lebih baik.
Mengenal Sejarah World Wide Web
World wide web mendapat perhatian publik yang sangat besar yang tidak
dapat disamai oleh aplikasi internet lainnya. Pada tahun 1995, www menggantikan
FTP sebagai aplikasi internet yang bertanggungjawab atas sebagian besar lalu
lintas internet. Web telah menjadi sedemikian terkenalnya sehingga kadang
dicampuradukkan dengan istilah internet itu sendiri meskipun pengertian “di
Web” dan “di Inetrnet” sebenarnya tidaklah sama.
Web adalah sistem pengiriman dokumen tersebar yang berjalan di internet.
Web dikembangkan di CERN (European Center for Nuclear Research), suatu lembaga
bagi penelitian fisika energi tinggi di Geneva, Swiss. Tujuan semula dari
lembaga ini adalah untuk membantu para fisikawan di berbagai lokasi yang
berbeda dalam bekerja sama dan berbagi material penelitian.
Web dengan cepat berkembang ke luar lingkup masyarakat fisika energi
tinggi. Pada tahun 1993, terdapat 130 server web di internet. Setahun kemudian
jumlahnya meningkat menjadi 2.738, dan pada bulan Juni 1995 terdapat 23.500
server web. Sekarang ini web telah memiliki pemirsa dalam jumlah yang sangat
besar di luar lingkup akademis : kurang lebih 30% dari server web yang tengah
beroperasi saat ini berada di komputer dalam domain komersial, dan di sebagian
industri, di mana keberadaaan perusahaan web sama pentingnya dengan memiliki
telpon atau faks bagi tujuan komunikasi bisnis. Web sekarang telah menjadi
media yang sangat penting bagi periklanan dan alamat web sekarang sudah umum
dijumpai pada majalah, surat kabar, dan iklan televisi.
Pengertian E-mail . . .
Ada tiga hal menyangkut search engine:
crawling, indexing, dan searching. Sewaktu crawling, search engine mencari konten baru yang tidak ditemukan pada crawl terakhir, termasuk update file dan halaman web. Kemudian ia mengindex informasi yang didapat, mengambil keyword lalu mengelompokkannya. Di Internet misalnya, indexing sangat dipengaruhi oleh keyword dan meta tag yang menyediakan informasi mengenai halaman web.
Jika informasi sudah diindex, informasi mengenai bagaimana cara mengakses informasi tsb kemudian disimpan dalam database. Sebagian search engine juga membuat “cache” agar pengambilan informasi ketika diperlukan menjadi lebih mudah. Ketika kita melakukan pencarian, search engine kemudian menampilkan hasil yang diperluas berdasar relevansinya. Pencarian “apel” misalnya, akan memunculkan hasil mengenai hal-hal yang berkaitan dengan apel, termasuk misalnya, “apa itu apel?” demi kenyamanan pengguna.
Walau semua search engine bekerja dengan cara serupa tetapi kegunaannya bisa cukup bervariasi. Search engine didasarkan pada algoritma kompleks untuk menentukan relevansi hasil pencariannya, terutama hasil pencarian keyword-keyword generik. Pengguna cenderung lebih menyukai search engine yang menampilkan hasil pencarian seperti yang mereka harapkan. Google, Yahoo, Lycos dan Altavista misalnya, berlomba melengkapi fitur masing-masing search engine-nya agar hasil pencarian yang ditampilkan lebih relevan dan lebih disukai penggunanya.
Google menjadi sangat terasosiasi dengan proses web search sehingga pencarian di web kini diistilahkan dengan “googling”. Google sendiri sebenarnya tidak terlalu menyukasi hal ini karena khawatir penggunaan huruf kecil pada penyebutan nama perusahaannya, dan penggunaannya secara generik dapat mengurangi nilai jual.
E-MAIL
Pengertian E-mail . . .
E-mail merupakan singkatan dari Elektronic Mail
yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah “surat elektronik”. E-mail
berfungsi sebagai sarana untuk mengirim surat atau pesan melalui jaringan
Internet. E-mail banyak digunakan karena mudah dikirim dan cepat sampai ke
tujuan bahkan ke tujuan yang berjarak mencapai ribuan kilometer.
Jika kamu ingin mendaftar dan bergabung di
facebook, twitter, blog, milis dan lain-lain maka kamu harus punya alamat
e-mail. Adanya e-mail membuatmu memiliki alamat resmi di dunia maya. Semua
pesan yang melalui jaringan internet akan ditujukan ke alamat e-mailmu itu.
Selain pesan berupa tulisan, kamu juga dapat mengirim e-mail berupa gambar,
foto, video, program, bahkan suara. Dan kamu dapat membuka e-mailmu di mana
saja dan kapan saja, asalkan terkoneksi dengan internet. dan jika kamu ingin mengirimkan pesan ke temanmu
melalui e-mail, maka temanmu itu harus memiliki alamat e-mail juga. Dan kamu
juga harus bisa mengingat username dan password e-mailmu, ya.
Karena jika kamu lupa, maka kamu akan kesulitan untuk bisa membuka e-mailmu.
Selain memiliki kelebihan-kelebihan dibandingkan
dengan surat biasa, e-mail juga mempunyai beberapa kekurangan. Jika kamu kurang
hati-hati dalam menuliskan alamat e-mail yang akan di tuju, maka pesanmu itu
akan salah masuk ke e-mail orang lain yang tak di kenal. Dan juga, e-mail
sangat rawan untuk di sadap atau di curi data-datanya untuk digunakan oleh
orang-orang yang tak bertanggung jawab untuk kepentingannya dan hal ini dapat
merugikan si pemilik e-mail.
Oleh karena itu, setiap kita hendak keluar dari
e-mail jangan lupa untuk meng-klik tombol sign out atau logout
sebagai tanda bahwa kamu sudah selesai menggunakan e-mailmu. Hal ini juga
bertujuan untuk menjaga keamanan e-mailmu jika komputermu dipakai oleh banyak
orang, atau di tempat umum seperti warnet (Warung Internet).
Langkah-lagkah
masuk dalam e-mail :
1. Kita buka program mozilla
2. Kita membuka default yahoo.com
3. Untuk membuat email baru secara gratis kita klik "Sign Up"
4. Setelah muncul formulir pendaftaran email, kita isi formulir tersebut secara lengkap
5. Jangan lupa kita harus menuliskan yahoo id dan password untuk pengamanan email kita
6. Selain itu kita harus menuliskan verifikasi email
7. Beri tanda centang pada pernyataan " I Agree"
8. Klik "Submit"
9. Tunggu beberapa saat kita akan mendapat pesan selamat datang dari yahoo.com
Dalam mengirim email kita dapat melampirkan file-file yang kita butuhkan. Dengan cara :
1. Buka email kita
2. Klik compose atau tulis
3. Sebelumnya kita tulis subject dan untuk siapa email itu akan dikirim. Dalam tampilan compose
terdapat "CC" yang berarti alamat tambahan
4. Klik attachment file bila kita ingin melampirkan file
5. Setelah muncul tampilan attachment file, kita pilih file mana yang akan kita lampirkan
6. Klik attach file
7. Klik continue message
8. Klik Send.
Beberapa email yang terkumpul dalam suatu group disebut mailing list. Untuk dapat mengirim email kita harus mempunyai account email/alamat email yang digunakan untuk mengirim dan menerima email.
1. Kita buka program mozilla
2. Kita membuka default yahoo.com
3. Untuk membuat email baru secara gratis kita klik "Sign Up"
4. Setelah muncul formulir pendaftaran email, kita isi formulir tersebut secara lengkap
5. Jangan lupa kita harus menuliskan yahoo id dan password untuk pengamanan email kita
6. Selain itu kita harus menuliskan verifikasi email
7. Beri tanda centang pada pernyataan " I Agree"
8. Klik "Submit"
9. Tunggu beberapa saat kita akan mendapat pesan selamat datang dari yahoo.com
Dalam mengirim email kita dapat melampirkan file-file yang kita butuhkan. Dengan cara :
1. Buka email kita
2. Klik compose atau tulis
3. Sebelumnya kita tulis subject dan untuk siapa email itu akan dikirim. Dalam tampilan compose
terdapat "CC" yang berarti alamat tambahan
4. Klik attachment file bila kita ingin melampirkan file
5. Setelah muncul tampilan attachment file, kita pilih file mana yang akan kita lampirkan
6. Klik attach file
7. Klik continue message
8. Klik Send.
Beberapa email yang terkumpul dalam suatu group disebut mailing list. Untuk dapat mengirim email kita harus mempunyai account email/alamat email yang digunakan untuk mengirim dan menerima email.
Search
Engine
Pengertian Search
Engine . . .
Search Engine atau mesin pencari adalah
suatu sistem komputerisasi yang difungsikan untuk mempermudah dalam usaha
pencarian suatu dokumen website. Dimana pada umumnya search engine memiliki
kapasitas yang cukup besar karena digunakan sebagai tempat penyimpan data-data
website yang telah di kunjungi robot (crawl) yang dimilikinya.
Suatu web yang telah di kunjungi akan di baca dan di index kemudian dimasukan kedalam database mesin pencari. Setelah itu mesin pencari akan melakukan update database tersebut secara berkala.
Data-data yanga ada tersebut akhirnya dipergunakan sebagai acuan didalam merangking hasil pencarian. Untuk melakukan hal tersebut antar satu mesin pencari dengan mesin pencari yang lain memiliki algoritma tersendiri yang digunakan untuk melakukan perangkingan tersebut. Hingga hasilnya berupa SERP dengan hasil yang sedemikian rupa.
Dari situlah muncul yang namanya SEO agar web mereka begitu dicintai oleh mesin pencari. Banyak car juga tergantung algoritma yang dipergunakan oleh mesin pencari. Karena SEO pada umumnya menyesuaikan dengan algoritma yang dimiliki oleh mesin pecari.
Suatu web yang telah di kunjungi akan di baca dan di index kemudian dimasukan kedalam database mesin pencari. Setelah itu mesin pencari akan melakukan update database tersebut secara berkala.
Data-data yanga ada tersebut akhirnya dipergunakan sebagai acuan didalam merangking hasil pencarian. Untuk melakukan hal tersebut antar satu mesin pencari dengan mesin pencari yang lain memiliki algoritma tersendiri yang digunakan untuk melakukan perangkingan tersebut. Hingga hasilnya berupa SERP dengan hasil yang sedemikian rupa.
Dari situlah muncul yang namanya SEO agar web mereka begitu dicintai oleh mesin pencari. Banyak car juga tergantung algoritma yang dipergunakan oleh mesin pencari. Karena SEO pada umumnya menyesuaikan dengan algoritma yang dimiliki oleh mesin pecari.
crawling, indexing, dan searching. Sewaktu crawling, search engine mencari konten baru yang tidak ditemukan pada crawl terakhir, termasuk update file dan halaman web. Kemudian ia mengindex informasi yang didapat, mengambil keyword lalu mengelompokkannya. Di Internet misalnya, indexing sangat dipengaruhi oleh keyword dan meta tag yang menyediakan informasi mengenai halaman web.
Jika informasi sudah diindex, informasi mengenai bagaimana cara mengakses informasi tsb kemudian disimpan dalam database. Sebagian search engine juga membuat “cache” agar pengambilan informasi ketika diperlukan menjadi lebih mudah. Ketika kita melakukan pencarian, search engine kemudian menampilkan hasil yang diperluas berdasar relevansinya. Pencarian “apel” misalnya, akan memunculkan hasil mengenai hal-hal yang berkaitan dengan apel, termasuk misalnya, “apa itu apel?” demi kenyamanan pengguna.
Walau semua search engine bekerja dengan cara serupa tetapi kegunaannya bisa cukup bervariasi. Search engine didasarkan pada algoritma kompleks untuk menentukan relevansi hasil pencariannya, terutama hasil pencarian keyword-keyword generik. Pengguna cenderung lebih menyukai search engine yang menampilkan hasil pencarian seperti yang mereka harapkan. Google, Yahoo, Lycos dan Altavista misalnya, berlomba melengkapi fitur masing-masing search engine-nya agar hasil pencarian yang ditampilkan lebih relevan dan lebih disukai penggunanya.
Google menjadi sangat terasosiasi dengan proses web search sehingga pencarian di web kini diistilahkan dengan “googling”. Google sendiri sebenarnya tidak terlalu menyukasi hal ini karena khawatir penggunaan huruf kecil pada penyebutan nama perusahaannya, dan penggunaannya secara generik dapat mengurangi nilai jual.
CHATTING
Pengertian
Chatting. . .
Chating dalam
Bahasa Indonesia berarti ngobrol/bercakap-cakap, dan di internet dengan chating
kita bisa mengobrol dengan teman, keluarga/saudara atau mungkin mencari teman
baru yang berada di seluruh dunia. Tinggal anda ingin ikut di ruang yang mana
biasanya janjian atau mencari teman baru.
Tentang Aplikasi Chatting
a) Real
time. Aplikasi chatting dijelaskan sebagai suatu aplikasi yang memungkinkan
pengguna berkomunikasi tekstual secara langsung (live/real time) dengan
pengguna lain.
b) Nickname.Pengguna
harus memasukkan nickname (tanpa password) sebagai identifikasi unik dalam sistem.
Nickname tersebut berlaku dan dikenali oleh sistem selama masa sesi pengaksesan
berlangsung, hingga pengguna “keluar” dari ruang chatting atau browser ditutup.
c) Public
room. Komunikasi berlangsung dalam sebuah ruang chatting virtual (public room)
yang berisi banyak orang. Ketika masuk, pengguna langsung tergabung ke dalam
public room di mana di ruang tersebut pesan dari seorang pengguna dapat dibaca
oleh semua pengguna yang lain.
d) Send
message. Pengguna dapat mengetikkan teks percakapan pada suatu area pengetikan
pesan, dan menekan sebuah tombol (atau Enter) untuk mengirimkan teks tersebut.
Teks pesan percakapan dari semua pengguna ditampilkan pada suatu area tampilan
percakapan, terurut berdasarkan waktu diterimanya pesan tersebut oleh server.
Pesan yang terakhir ditampilkan di bawah.
e) Auto
refresh. Area tampilan percakapan otomatis diupdate selama beberapa detik
sekali (dan pada saat pengguna mengirimkan pesan baru) sehingga pengguna selalu
mengetahui percakapan pengguna lain yang sedang berlangsung tanpa harus
melakukan refresh halaman secara manual.
Netiquette
e
p A.pengertian Netiquette . . .
Netiquette
merupakan etika dalam menggunakan internet. Internet sebagai sebuah kumpulan
komunitas diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai
pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik
dalam memanfaatkan fasilitas Internet.Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang
umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki
komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.
Beberapa aturan yang ada pada
Nettiquete ini adalah: - Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, mungkin dapat dimulai dari mengamankan komputer anda dengan memasang anti virus atau personal firewall
- Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengupload data pribadi anda. ada baiknya anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju adalah dijamin keamanannya.
3.
dan yang paling utama adalah, hargai
pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu:
v
jangan biasakan menggunakan
informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
v
jangan berusaha untuk mengambil
keuntungan secara ilegal dari Internet, misalnya melakukan kejahatan pencurian
no kartu kredit
v
jangan berusaha mengganggu privasi
orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
v
jangan menggunakan huruf kapital
terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas
sesungguhnya.
v
jangan flamming, trolling, junking
saat berforum.
B.
Fungsi Netiquette
. . .
Netiquette
berfungsi sebagai seperangkat pedoman umum yang dapat membuat komunikasi
internet yang berguna dan sipil. Misalnya, mengirimkan puluhan surat berantai
email ke teman mungkin tampak seperti pengalihan menyenangkan, tetapi dapat
menjadi jengkel ke orang yang menerima mereka. Mengirim volume besar email
impersonal atau pesan lain kepada orang lain dikenal sebagai “spam” dan sering
disukai. Ada aturan umum tertentu, seperti mengirim “spam,” yang umumnya
dianggap etiket buruk di Internet, namun komunitas online tertentu mungkin
memiliki budaya mereka sendiri dan standar netiket.
C.
Manfaat Netiquette
. . .
Netiquette dapat bermanfaat dalam hal
itu dapat mencegah orang dari mengirimkan komunikasi perlu yang dapat
membuang-buang waktu orang lain. Hal ini juga dapat mencegah orang dari posting
konten yang tidak patut atau jelek di Internet. Misalnya, teks ditulis dalam
huruf kapital bisa sulit untuk membaca dan mengetik dalam huruf kapital sering
dianggap “berteriak” dalam komunikasi online dan disukai di komunitas internet
banyak.
D.
Fitur Netiquette
. . .
Fitur dari netiket dapat bervariasi
secara signifikan dari satu komunitas web yang lain tetapi ada beberapa standar
yang diterima secara umum di Internet. Lain kemudian menahan diri dari
penggunaan spam dan huruf kapital yang berlebihan, menahan diri dari membuat
komentar cabul atau diskriminatif juga merupakan aturan umum. Indiana
University merekomendasikan menulis online informasi dalam paragraf ringkas
dengan kapitalisasi yang tepat dan tanda baca dan menjadi bijaksana dengan
bahasa Anda, terutama di forum-forum publik dan ketika menulis komunikasi
kelompok, seperti email massal.
Dikutip
dari
untoro.staff.gunadarma.ac.id
http://members.tripod.com/octa_haris/internet.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet
http://members.tripod.com/octa_haris/internet.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet
http://en.wikipedia.org/wiki/Online_service_provider
http://en.wikipedia.org/wiki/ISP