A. Definisi
Komunikasi Interpersonal Efektif
Berkomunikasi dengan
orang lain baik secara tatap muka langsung maupun dalam kelompok, dengan
menggunakan berbagai media, yang disebut komunikasi interpersonal.
1. Definisi
berdasarkan komponen (componential)
Definisi berdasarkan komponen menjelaskan komunikasi
antar pribadi dengan mengamati komponen-komponen utamanya dalam hal ini,
peyampaian pesan oleh satu orang dan penerimaan pesan oleh orang lain atau sekelompok
kecil orang, dengan berbagai dampaknya dan dengan peluang untuk memberikan
umpan balik segera.
2. Definisi
berdasarkan hubungan diadik (dyadic)
Komunikasi antar pribadi (interpersonal
comunication) adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang
memungkinkan setiap para pesertanya menangkap reaksi orang lain secara
langsung, baik secara verbal maupun non verbal. Komunikasi antar pribadi ini
adalah komunikasi diadik yang melibatkan hanya dua orang, seperti suami istri,
dua sejawat, dua sahabat dekat, guru murid. Ciri-ciri komunikasi diadik adalah
pihak-pihak yang berkomunikasi berada dalam jarak yang dekat, pihak-pihak yang
berkomunikasi mengirim dan menerima pesan secara spontan.
3. Definisi
berdasarkan pengembangan (developmental)
Komunikasi antar pribadi dilihat sebagai akhir dari
perkembangan dari komunikasi yang bersifat tak pribadio atau interpersonal.
Pada suatu ekstrim menjadi komunikasi pribadi atau intim pada ekstrim yang
lain. Perkembangan ini mengisyaratkan atau mendefinisikan pengembangan
komunikasi antar pribadi.
B. Model
Pengolahan Informasi
Model-model Pengolahan Informasi
pada dasarnya menitikberatkan pada cara-cara memperkuat dorongan-dorongan
internal (datang dari dalam diri) manusia untuk memahami dunia dengan cara menggali
dan mengorganisasikan data, merasakan adanya masalah dan mengupayakan jalan
pemecahannya, serta mengembangkan bahasa untuk mengungkapkannya. Model
Pengolahan informasi berorientasi pada :
1) Proses
Kognitif
2) Pemahaman
Dunia
3) Pemecahan
Masalah
4) Berpikir
Induktif
C. Model
Interaktif Manajemen
Prinsif Model
Interaktif manajemen:
Keseluruhan proses
manajemen dibangun berdasarkan hubungan ikatan kepercayaan yang membutuhkan
keterbukaan dan kejujuran baik dari pihak manajer maupun pekerja. Bawahan
menurut /melakukan pekerjaannya, bukan karena mereka dibuat seperti itu, tetapi
karena mereka merasa mengerti oleh manajer dan memahami
masalahnya. Pekerja bekerja keras untuk membuat keputusan yang benar.
Mereka merasa tidak suka dimanipulasi, dikontrol, atau dibujuk untuk membuat
keputusan bahkan jika keputusan itu yang akhirnya mereka buat. Jangan
memecahkan masalah bawahan. Mereka akan merasa tidak menyukai solusi tersebut,
dan jika anda sebagai manajer memperkenalkan solusinya, mereka akan tidak
menyukai anda. Tunjukan masalahnya; jangan pecahkan. Biarkan bawahan memecahkan
masalah-masalah mereka dengan bantuan anda.
Perbedaan antara
manajemen teknis dan interaktif
Teknis
|
Interaktif
|
Orientasi pada perusahaan
|
Orientasi pada pegawai
|
Memerintah
|
Menjelaskan dan Mendengarkan
|
Memaksakan kepatuhan
|
Mengembangkan komitmen
|
Orientasi tugas/pekerjaan
|
Orientasi Manusia
|
Tidak fleksibel
|
Adaptable (fleksibel)
|
Tidak mengindahkan kebutuhan
|
Memuaskan kebutuhan
|
Menciptakan ketakutan dan ketegangan
|
Menimbulkan kepercayaan dan pengertian
|
Sumber:
Joseph A. Devito, Komunikasi Antar
Manusia .Jakarta; Profesional book, edisi 5, Hal. 231
Arni Muhammad. 2005. Komunikasi
Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara
Effendy, Onong Uchjana, Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya
Cangara, Hafidz,2005, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta:PT RajaGrafindo Persada
Littlejohn, Stephen W. 2001. Theories of Human Communication. USA: Wadsworth Publishing.
Mulyana, Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosda.
Ruben, Brent D,Stewart, Lea P, 2005, Communication and Human Behaviour,USA:Alyn and Bacon
Sendjaja,Sasa Djuarsa,1994,Pengantar Komunikasi,Jakarta:Universitas Terbuka.
Wiryanto, 2005, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta:Grasindo.
Effendy, Onong Uchjana, Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya
Cangara, Hafidz,2005, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta:PT RajaGrafindo Persada
Littlejohn, Stephen W. 2001. Theories of Human Communication. USA: Wadsworth Publishing.
Mulyana, Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosda.
Ruben, Brent D,Stewart, Lea P, 2005, Communication and Human Behaviour,USA:Alyn and Bacon
Sendjaja,Sasa Djuarsa,1994,Pengantar Komunikasi,Jakarta:Universitas Terbuka.
Wiryanto, 2005, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta:Grasindo.