Music and Emotion: Models and Physiological Correlates
Musik memainkan peran utama dalam kehidupan sehari-hari kebanyakan orang (Menon & Levitin, 2005; Zentner, Grandjean, & Scherer, 2008). Orang-orang sekarang menghabiskan lebih banyak waktu mendengarkan musik daripada menonton televisi / film atau buku bacaan (Rentfrow & Gosling, 2003). Signifikansi musik pada manusia berasal jauh sebelum pemutar musik portabel, dibuktikan dengan "mana-mana dan kuno" yang sepanjang sejarah manusia. Artinya, setiap kebudayaan manusia, masa lalu atau sekarang, telah terdapat musik (Cross, 2001; Huron, 2001; Julsin & Sloboda, 2001).
Salah satu alasan musik telah mempertahankan pentingnya untuk manusia adalah karena imbalan emosional (Zentner, Grandjean, & Scherer, 2008). Musik adalah mampu menjadi sebagai bermanfaat sebagai makanan, seks, dan penyalahgunaan obat (Blood & Zatorre, 2001; Menon & Levitin, 2005). Penelitian saat ini menunjukkan manusia untuk menempatkan seperti nilai yang tinggi pada musik karena kemampuan yang kuat untuk membangkitkan emosi di pendengarnya, termasuk tanggapan intens seperti sensasi, air mata, kesenangan, dan penghargaan (Blood & Zatorre, 2001; Stephanie, Peretz, Blondin, & Manon, 2002; Juslin & Västfjäll, 2008).
Penelitian selama dekade terakhir telah menyimpulkan bahwa musik-mendengarkan adalah pengalaman yang menyenangkan. Ini mungkin tampak ironis bahwa musik membangkitkan kesenangan dalam pendengarnya karena tampaknya memiliki sedikit kesamaan dengan rangsangan hadiah lainnya. Artinya, respon emosional yang kuat seperti kesenangan biasanya ada baik dengan tujuan yang jelas biologis seperti kelangsungan hidup (makan) atau spesies pelestarian (cinta, seks) (Kringelbach, 2005; Kringelbach & Berridge, 2010), dalam menanggapi barang berwujud yang memiliki pahala sekunder, seperti uang atau harta benda lainnya, atau sebagai hasil dari stimulasi langsung jalur dopaminergik dalam sistem mesolimbic otak, SCH seperti yang rangsangan dengan kualitas adiktif, misalnya bahan kimia sintetik atau farmakologis dan perjudian (Salimpoor, Benovoy, Longo, Copperstock, & Zatorre, 2009; Salimpoor, Benovoy, Larcher, Dagher, & Zatorre, 2011).
Anehnya, tidak ada arus disepakati definisi emosi (Frijda, 2007; Scherer, 2005), dibuktikan misalnya, oleh sebuah studi survei 33 ahli yang tidak menemukan konsensus ketika diminta untuk mendefinisikan emosi (Izard, 2007). Namun, ada beberapa kesepakatan yang menunjukkan emosi untuk memiliki lebih dari satu manifestasi psikologis atau perilaku. Artinya, di samping perasaan subyektif, emosi juga mengandung kecenderungan aksi, gairah fisiologis, penilaian kognitif, motorik dan perilaku ekspresif (Niedenthal, Krauth-Bruber, & Ric, 2006).
Juga, ada kebutuhan untuk membedakan antara persepsi dan merasa emosi. sekarang ini telah diterima bahwa ini adalah dua jenis pengalaman emosional yang terjadi dalam hal musik. Persepsi adalah bahwa emosi yang diungkapkan oleh musik, dimana bagaimana pendengar merasa dalam menanggapi musik dianggap emosi dirasakan. Kedua jenis pengalaman emosional secara empiris dibedakan (Evans & Schubert, 2008; Kallinen & Ravaja, 2006; Zentner, Grandjean, & Scherer, 2008). Sebagai contoh, berbagai macam emosi positif dapat terangsang dan dirasakan oleh musik. Namun, emosi negatif cenderung lebih dirasakan daripada terasa. Artinya, musik dinilai sebagai ketakutan atau sedih masih cenderung untuk membangkitkan pengaruh positif dalam pendengar (Kallinen & Ravaja, 2006; Gabrielsson, 2002).
Ada dua model utama yang digunakan untuk mengukur emosi: (1) teori emosi dasar (yang mempekerjakan teori emosi diskrit atau kategoris) dan (2) model dimensi emosi (juga dikenal sebagai model circumplex afektif) (Zentner & Eerola, 2010).
Teori emosi dasar menunjukkan semua emosi berasal dari sekelompok kecil emosi universal dan bawaan. Set ini terdiri dari rasa takut, marah, jijik, sedih, dan kebahagiaan (Ekman, 1992; Panksepp, 1998). Kemudian studi telah menyarankan menambahkan malu, malu, penghinaan, dan rasa bersalah (Ekman, 1999; untuk review lihat Ortony & Turner, 1990). Masing-masing emosi dasar dapat digambarkan sebagai kebutuhan fungsional untuk kelangsungan hidup yang telah dibentuk oleh evolusi (Johnson-Laird & Oatley, 1992). Meskipun masih ada perdebatan tentang jumlah yang tepat dari kategori (emosi) dan label dari kategori ini, model ini telah mendapat dukungan dari penelitian lintas-budaya, perkembangan, saraf, dan fisiologis (Panksepp, 1992) menyarankan untuk menjadi ukuran yang akurat emosi. Keuntungan menggunakan paradigma ini kategoris adalah bahwa hal itu dapat memberikan wawasan ke dalam proses emosional yang kompleks, misalnya ketika musik membangkitkan emosi bertentangan dengan secara simultan merangsang kebahagiaan dan kesedihan dalam pendengar (Hunter, Schellenberg, & Schimmack, 2008). Namun, teori emosi dasar mempekerjakan kategori emosional yang mungkin tidak relevan dengan emosi musik. Misalnya jijik dan rasa malu yang tidak emosi sering dirasakan atau dirasakan dalam menanggapi musik (Zentner, Grandjean, & Scherer, 2008). Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah pandangan kategoris emosi berlaku untuk mempelajari emosi musik dan telah lebih jauh menyarankan penggunaan metode yang lebih ekologis valid (Schubert, 2004).
Sebuah alternatif kemudian dengan model kategoris emosi adalah model circumplex (Russell, 1980). Model circumplex mengambil pendekatan dimensi yang menunjukkan bahwa emosi yang tidak terpisah, melainkan merupakan campuran dari dua dimensi inti, valensi andarousal. Valensi dimensi merupakan skala kontinu kesenangan-ketidaksenangan, sedangkan dimensi gairah merupakan salah satu aktivasi-deaktivasi. Kedua dimensi ortogonal diposisikan di ruang afektif. Model circumplex telah menerima dukungan dalam beberapa penelitian yang telah meneliti emosi yang dilaporkan sendiri (Barrett & Russell, 1999), perbandingan lintas budaya (Russell, 1983) dan studi psikometri (terakhir di Posner et al., 2005).
Keuntungan dari model ini adalah bahwa emosi dapat dipetakan ke dua bipolar, skala saling terkait (valensi dan gairah) memungkinkan untuk representasi yang lebih akurat dan ekologis berlaku emosi (Russell, 1980; Schlosberg, 1952). Selain itu, memungkinkan respon emosional (berdua merasa dan dirasakan) yang akan diukur terus menerus. Sebagai contoh, ketika mengukur emosi yang dirasakan dalam musik Schubert (2004) mengidentifikasi lag antara perubahan acara musik dan tanggapan emosional yang berhubungan. Lebih khusus, tanggapan terhadap acara musik kausal tertinggal oleh 1 sampai 3 s, sedangkan respon terhadap perubahan dalam kenyaringan tertinggal dengan hanya 0 hingga 1 s.
Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa valensi dan gairah skala tidak memperhitungkan semua emosi terkait musik (Bigand, Vieillard, Madurell, Marozeau, & Dacquet, (2005); Collier, 2007; Illie & Thompson, 2006; Leman, Vermeulen, De Voogdt , Moelants, & Lesaffre, (2005); Nyklicek, Thayer, & Van Doornen, 1997). Selain itu, model circumplex telah dikritik karena menempatkan emosi yang dianggap jauh dari satu sama lain, seperti kemarahan dan ketakutan, inc kehilangan kedekatan (Scherer, Johnstone, & Klasmeyer, 2003). Model ini juga telah menunjukkan sulit dalam posisi emosi yang kompleks, seperti nostalgia, yang merupakan emosi sering mengalami dalam menanggapi musik.
Baru-baru ini Zentner, Grandjean, dan Scherer (2008) telah menyarankan bahwa emosi musik tidak selalu sama dengan emosi yang kita hadapi sehari-hari. Hal ini karena emosi musik tidak berhubungan dengan perilaku yang berorientasi tujuan sebagai emosi sehari-hari mungkin (Krumhansl, 1997). Untuk alasan ini Zentner dan rekan (2008) membangun model yang spesifik untuk musik. Model ini domain-spesifik pertama kali dibuat dengan memesan daftar 66 musik-istilah yang relevan emosi. Istilah-istilah ini kemudian dinilai untuk frekuensi mereka sebagai berdua merasa emosi dan dirasakan dalam konteks musik. Emosi yang paling sering dirasakan adalah menjadi: perasaan pindah, nostalgia, santai, terpesona, dan lembut. Selanjutnya, analisis faktor digunakan untuk mencari korelasi antara daftar 66 hal. Analisis ini menemukan sembilan faktor: Wonder, transendensi, Kelembutan, Nostalgia, Kedamaian, Power, aktivasi Joyful, Ketegangan, dan Kesedihan. Model ini domain-spesifik kemudian dibandingkan dengan model emosi dasar dan model emosi dimensi, menunjukkan bahwa model domain-spesifik keluar dilakukan kedua pendekatan sebelumnya. Zentner dan rekan telah mengkonfirmasi kebutuhan untuk deskripsi akurat tentang istilah emosi musik, yang membutuhkan mempengaruhi kosakata lebih bernuansa dan taksonomi dari apa yang saat ini diatur dalam model lain emosi (Zentner, Grandjean, & Scherer, 2008). Ilustrasi di bawah ini adalah sembilan faktor dan sub-unit menurut Zentner dan rekan (2008).
Respon emosional musik sering digabungkan dengan perubahan fisiologis (Rickard, 2004). Misalnya, Pendengar telah melaporkan air mata, menggigil bawah tulang belakang (menggigil), balap jantung, dan perubahan suhu tubuh, pernapasan, dan ketegangan otot sebagai reaksi fisik dirasakan dalam menanggapi pengalaman yang kuat dengan musik (Gabrielsson, 2001). Fisiologi juga telah ditunjukkan untuk mengubah dalam menanggapi fitur musik dasar yang kurang konotasi emosional, seperti ritme (Etzel, Johnsen, Dickerson, Tranel, & Adolphs, 2006; Gomez & Danuser, 2007; Haas, Distenfeld, & Axen, 1986; Khalfa, Roy, Rainville, Dalla Bella, & Peretz, 2008; Kneutgen, 1974), tempo dan aksentuasi (Gomez & Danuser, 2007). Dengan cara ini, musik dan fisiologi mungkin saling terkait dan memang studi sebelumnya memeriksa respon fisiologis musik telah menemukan beberapa tren. Sebagian besar penelitian di bidang ini telah meneliti efek musik pada denyut jantung, konduktansi kulit, laju respirasi, dan suhu tubuh.
Heart Rate:
Denyut jantung, atau denyut nadi, dihitung dengan jumlah denyut per menit yang terjadi dan dicatat dengan electrocardigram (Andreassi, 2007). Denyut jantung telah ben terkait dengan tanggapan emosional dan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa gairah tinggi atau merangsang musik cenderung meningkatkan denyut jantung (), sedangkan musik penenang cenderung menurun denyut jantung (). Namun, hasil bertentangan ada. Sebagai contoh, sementara satu studi menemukan musik penenang untuk mengurangi denyut jantung mereka tidak menemukan pengaruh musik pada merangsang denyut jantung (Iwanaga, Ikeda, & Iwaki, 1996). Selain itu, banyak penelitian telah menunjukkan musik untuk meningkatkan denyut jantung terlepas dari faktor yang gairah (Ellis & Brighouse, 1952; Krumhansl, 1997; Rickard, 2004; Shatin, 1957, Weld, 1912).
Kulit konduktansi:
Respon konduktansi kulit, sebelumnya dikenal sebagai respon kulit galvanik (GSR) atau respon elektrodermal (EDR), adalah metode yang digunakan untuk mengukur hambatan listrik kulit (Andreassi, 2007). Ketika hambatan listrik terangsang kulit menurun perubahan dalam konduktansi kulit telah ditemukan dalam menanggapi mendengarkan musik dalam sejumlah studi. Sebagai contoh, senang musik telah terbukti menghasilkan konduktansi kulit yang lebih besar dibandingkan dengan musik sedih (Krumhansl, 1997; Lundqvist, Carlsson, dan Per Hilmersson, 2009) dan keduanya bahagia dan musik menakutkan telah menunjukkan tingkat konduktansi kulit yang lebih tinggi dibandingkan dengan musik sedih dan damai ( Khalfa, Peretz, Blondin, Menon, 2002). Ini mungkin karena merangsang emtions memiliki tingkat gairah yang lebih tinggi, yang sangat terkait dengan peningkatan konduktansi kulit (Hodges, 2010). Namun, enam studi menemukan bahwa mendengarkan musik tidak andal mengubah konduktansi kulit (Blood & Zatorre, 2001; Davis, 1934; DeJong, van Mourik, & Schellekiens, 1973; Jellison, 1975; Keller & Seraganian, 1984; Ries, 1969) .
Tingkat Respirasi:
Tingkat respirasi atau pernapasan tingkat memeriksa napas fo nomor yang diambil dalam satu menit dan diukur dengan ekspansi dada saat istirahat (Sherwood, 2010). respirasi sangat terkait dengan respon emosional, premis diverifikasi oleh banyak penelitian yang menunjukkan hal itu meningkat selama tugas musik mendengarkan (Baumgartner, Esslen, & Jäncke, 2006; Darah & Zatorre, 2001; Cassidy & Standley, 1995; Gomez & Danuser 2004 , 2007; Krumhansl, 1997). Tingkat pernapasan juga telah ditemukan untuk naik kereta api dengan irama musik (Etzel et a, 2006;. Haas dkk, 1986;. Khalfa et a, 2008;. Kneutgen, 1974). Namun, tidak ada perubahan dalam respirasi selama musik-mendengarkan juga telah dilaporkan (Davis, 1992; Davis-Rollans & Cunningham, 1987; Foster & Gamble, 1906, Weld, 1912).
Suhu tubuh:
Suhu tubuh berhubungan dengan aliran darah dalam jaringan kulit dan merupakan cerminan dari vasokonstriksi dan vasodilatasi (Andreassi, 2007; Hodges, 2011). Tanggapan ini telah membuahkan hasil yang tidak konsisten dalam studi musik-mendengarkan. Sebagai contoh, banyak studi menemukan suhu kulit berubah dalam respon terhadap musik (Baumgartner et al, 2006; Davis & Thaut, 1989; Guzzetta, 1989; Kibler & Rider, 1983; Krumhansl, 1997; Lundqvist et al, 2009;. McFarland, 1985, Miluk-Kolasa, Matejek, & Stipnicki, 1996; Nater, Krebs, & Ehlert, 2005; Rickard, 2004) tetapi tanggapan tidak konsisten di seluruh studi. Apakah beberapa penelitian suhu kulit meningkat sebagai respons terhadap musik sedatif (Kibler & Rider, 1983; Peach, 1984) sementara di lain itu meningkat dalam menanggapi musik stimulatif (Lundqvist, Carlsson, dan Per Hilmersson, 2009; Standley, 1991). Yang lain mandi peningkatan suhu tubuh setiap musik (Rickard, 2004; Zimmerman, Pierson, & Marker, 1988). Ada juga laporan yang menunjukkan suhu kulit menurun (Krumhansl, 1997; Nater et al, 2005;. Savan, 1999) atau tidak berubah sama sekali (Blood & Zatorre, 2001; Craig, 2005; Guzzetta, 1989; Kibler & Rider , 1983; Rider, Mickey, weldin, & Hawkinson, (1991); Zimmerman, Pierson, & Marker, (1988).
Penelitian menjelajahi berkorelasi fisiologis emosi selama musik mendengarkan telah terutama difokuskan pada gairah sebagai lawan valensi (Lundqvist, Carlsson, Hilmersson, & Juslin, 2008). Namun, Krumhansl (1997) meneliti korelasi otonom emosi dengan cara ini yang mengakibatkan beberapa temuan menarik. Musik takut dan senang yang ditampilkan untuk meningkatkan denyut jantung lebih dari musik sedih, menemukan konsisten dengan penelitian sebelumnya (Nyklicek, Thayer, & VanDoornen, 1997; Pignatiello, Camp, Elder, & Rasar 1989). Itu juga menemukan bahwa musik membangkitkan senang konduktansi kulit yang lebih besar dan suhu kulit lebih tinggi dibandingkan dengan musik takut dan sedih. Temuan ini juga konsisten dengan penelitian sebelumnya (McFarland, 1985; McFarland & Kadish, 1911; McFarland & Kennison, 1989), yang menemukan valenced positif musik untuk meningkatkan suhu dan valenced negatif musik untuk menurunkan suhu.
Ada sejumlah alasan mengapa temuan di studi menyelidiki respon fisiologis musik tidak konsisten. Pertama, tidak ada protokol standar untuk percobaan tersebut. Sebagai contoh, meskipun ada definisi musik stimulatif dan obat penenang genre musik yang berbeda yang dipilih penelitian lintas. Masalah ini sama ada untuk musik dicap sebagai bahagia dan sedih. Selanjutnya, respon fisiologis bisa sulit untuk merekam secara akurat karena mereka peka terhadap gerakan dan suhu kamar. pada gilirannya, keterbatasan ini dapat menyebabkan penelitian untuk temuan tidak konsisten dan tidak meyakinkan tentang efek musik pada fisiologi manusia.
References
Barrett, L. F. & Russell, J. A. (1999). Structure of current affect. Current Directions in Psychological Science, 8, 10-14.
Baumgartner, T., Esslen, M., & Jäncke, L. (2006). From emotion perception to emotion experience: Emotions evoked by pictures and classical music. International Journal of Psychophysiology, 60 34-43.
Bigand, E., Vieillard, S., Madurell, F., Marozeau, J., & Dacquet, A. (2005). Multidimensional scaling of emotional responses to music: The effect of musical expertise and of the duration of the excerpts. Cognition & Emotion, 19, 1113-1139.
Blood, A. & Zatorre, R. (2001). Intensely pleasurable responses to music correlate with activity in brain regions implicated in reward and emotion. Proceedings of the National Academy of Sciences, 98, 11818-11823.
Cassidy, J. & Standley, J. (1995). The effect of music listening on physiological responses of premature infants in the NICU. Journal of Music Therapy, 32, 208-227.
Collier, G. L. (2007). Beyond valence and activity in the emotional connotations of music.Psychology of Music, 35, 110-131.
Craig, D. (2005). An exploratory study of physiological changes during 'chills' induced by music.Musicae Scientiae, 9 273-285.
Cross, I. (2001). Music, cognition, culture, and evolution. Annals of the New York Academy of Sciences, 930, 28-42.
Davis, C. (1992). The effects of music and basic relaxation instruction on pain and anxiety of women undergoing in-officce gynecological procedures. Journal of Music Therapy, 29, 202-216.
Davis, R. (1934). Modification of the galvanic reflex by daily repetition of a stimulus.Journal of Experimental Psychology, 17 504-535.
Davis, W., & Thaut, M. (1989). The influence of preferred relaxing music on measures of state anxiety, relaxation, and physiological responses.Journal of Music Therapy, 26, 168-187.
Davis-Rollans, C. & Cunningham, S. (1987). Physiologic responses of coronary care patients to selected music. Heart Lung, 16, 370-378.
DeJong, M., van Mourik, K., & Schellekiens, H. (1973). A physiological approach to aesthetic preference-music. Psychotherapy and Psychosomatics, 22 46-51.
Ekman, P. (1992). An argument for basic emotions. Cognition & Emotion, 6 169-200.
Ekman, P. (1999). Basic emotions. In T. Dalgleish & M. J. Power (eds), Handbook of cognition and emotion (p. 301-320). New York: John Wiley.
Ellis, R., & Brighouse, G. (1952). Effects of music on respiration and heart rate. American Journal of Psychology, 65, 39-47.
Etzel, J. A., Johnsen, E. L., Dickerson, J., Tranel, D., & Adolphs, R. (2006). Cardiovascular and respiratory responses during musical mood induction. International Journal of Psychophysiology, 61, 57-69.
Evans, P. & Schubert, E. (2008). Relationships between expressed and felt emotions in music. Musicae Scientiae, 12(1), 75-99.
Foster, E. & Gamble, E. (1906). The effect of music on thoracic breathing. American Journal of PSychology, 17, 406-414.
Frijda, N. H. (2007). What might an emotion be? Comments on the comments. Social Science Information, 46, 433-443.
Gabrielsson, A. (2001). Emotion in strong experiences with music. In P. N. Juslin & J. A. Sloboda (eds), Music and emotion: Theory and research (pp. 431-449). Oxford: Oxford University Press.
Gabrielsson, A. (2002). Emotion perceived and emotion felt. Musicae Scientiae, Special issue 2001-2002 123-147.
Gomez, P. & Danuser, B. (2007). Relationships between musical structure and psychophysiological measures of emoiton. Emotion, 7, 377-387.
Gomez, P. & Danuser, B. (2004). Affective and physiological responses to environmental noises and music. International Journal of Psychophysiology, 53, 91-103.
Guzzetta, C. (1989). Effects of relaxation and music therapy on patients in a coronary care unit with presumptive acute myocardial infarction. Heart Lung, 18, 609-616.
Haas, F., Distenfeld, S., & Axen, K. (1986). Effects of perceived musical rhythm on respiratory patterns. Journal of Applied Physiology, 61, 1185-1191.
Hodges, D. (2010). Psychophysiological measures: In P. N. Juslin & J. A. Sloboda (eds),Handbook of Music and emotion: Theory, research, applications (pp. 279-311). Oxford: Oxford University Press.
Huron, D. (2001). is music an evolutionary adaptation? Annals of the New York Academy of Sciences, 930, 43-61.
Hunter, P. G., Schellenberg, E. G., & Schimmack, U. (2008). Mixed affective responses to music with conflicting cues. Cogntion & Emotion, 22, 327.
Illie, G. & Thompson, W. (20060. A comparison of acoustic cues in music and speech for three dimensions of affect. Music Perception, 23(4), 319-329.
Iwanaga, M., Ikeda, M., & Iwaki, T. (1996). The effects of repetitive exposure to music on subjective and physiological responses. Journal of Music Therapy, 33, 219-230.
Izard, C. E. (2007). Basic emotions, natural kinds, emotion schemas, and a new paradigm.Perspectives on Psychological SCeince, 2, 260-280.
Jellison, J. (1975). The effect of music on autonomic stress responses and verbal reports. In C. K. Madsen, R. Greer, & C. H. Madsen (eds), Research in music behavior: Modifying music behavior in the classroom (pp. 206-219). New Yrok: Teachers College Press.
Johnson-Laird, P. N. & Oatley, K. (1992). Basic emotions, rationality, and folk theory.Cognition & Emotion, 6, 201-223.
Juslin, P. & Sloboda, J. (2001). Music and Emoiton: Theory and Research. Oxford, UK: Oxford University Press.
Juslin, P. & Västfjäll, D. (2008). Emotional responses to music: The need to consider underlying mechanisms. Behavioral and Brain Sciences, 31(5), 559-575.
Kallinen, K. & Ravaja, N. (2006). Emotion preceived and emotion felt: Same and different.Musicae Scientiae, 10(2), 191-213.
Keller, S. & Seraganian, P. (1984). Physical fitness level and autonomic reactivity to psychosocial stress. Journal of Psychosomatic Research, 28, 279-287.
Khalfa, S., Roy, M., Rainville, P., Dalla Bella, S., & Peretz, I. (2008). Role of tempo entrainment in psychophysiological differentiation of happy and sad music? International Journal of Psychophysiology, 68, 17-26.
Kibler, V. & Rider, M. (1983). The effect of progressive muscle relaxation and music on stress as measured by finger temperature response. Journal of Clinical Psychology, 39,213-215.
Kneutgen, J. (1974). Eine Muskform und ihre biologische Funktion: Uber die Wirkungsweise der Weigenlieder.Psychological Abstracts, 45, 6016.
Krumhansl, C. L. (1997). An exploratory study of musical emotions and psychophysiology.Canadian Journal of Experimental Psychology, 51, 336-352.
Leman, M., Vermeulen, V., De Voogdt, L., Moelants, D., & Lesaffre, M. (2005). Prediction of musical affect using a combination of acoustic structural cues. Journal of New Music Rsearch, 34, 39-67.
Lundqvist, L. O., Carlsson, F., Hilmersson, P., & Juslin, P. N. (2009). Emotional responses to music: Experience, expression, and physiology.Psychology of Music, 37, 61-90.
McFarland, R. A. (1985). Relationship of skin temperature changes to the emotions accompanying music. Biofeedback and Self-regulation, 10, 255-267.
McFarland, R. A. & Kadish, R. (1991). Sex differences in finger temperature response to music. International Journal of Psychophysiology, 11, 295-298.
McFarland, R. A. & Kennison, R. (1989). Asymmetry in the relationship between finger temperature changes and emotional state in males. Biofeedback and Self-Regulation, 14,281-290.
Menon, V. & Levitin, D. (2005). The rewards of music listening: Responses and physiological connectivity of the mesolimbic system. Neuroimage, 28(1), 175-184.
Miluk-Kolasa, B., Matejek, M., Stupnicki, R. (1996). Effects of music listening on changes in selected physiological parameters in adult pre-surgical patients. Journal of Music Therapy, 33, 208-218.
Nater, U., Krebs, M., & Ehlert, U. (2005). Sensation seeking, music preference, and psychophysiological reactivity to music. Musicae Scientiae, 9 239-254.
Niedenthal, P. M., Krauth-Gruber, S., & Ric, F. (2006). Psychology of emotion. Interpersonal, experiential, and cognitive approaches. New York: Psychology Press.
Nyklicek, I., Thayer, J., & Van Doornen, L. (1997). Cardiorespiratory differentiation of musically-induced emotions. Journal of Psychophysiology, 11, 304-321.
Ortony, A. & Turner, T. J. (1990). What's basic about basic emotions? Psychological Review, 97, 315-331.
Panksepp, J. (1998). Affective neuroscience: The foundations of human and animal emotions.Oxford: Oxford University Press.
Peach, S. (1984). Some implications for the clinical use of music facilitated imagery.Journal of Music Therapy, 21, 27-34.
Pignatiello, M., Camp, C., Elder, S., & Rasar, L. (1989). A psychophysiological comparison of the Velten and musical mood induction techniques. Journal of Music Therapy, 26, 140-154.
Posner, J., Russell, J. A., & Peterson, B. S. (2005). The circumplex model of affect: An integrative approach to affective neuroscience, cognitive development, and psychopathology. Development and Psychopathology, 17, 715-734.
Rentfrow, P. J. & Gosling, S. D. (2003). The do re mi's of everyday life: The structure and personality correlates of music preferences. Journal of Personality and Social Psychology, 84,1236-1256.
Rickard, N. (2004). Intense emotional responses to music: A test of the physiological arousal hypothesis. Psychology of Music, 32, 371-388.
Rider, M., Mickey, C., Weldin, C., & Hawkinson, R. (1991). The effects of toning, listening, and singing on psychophysiological responses. In C. Maranto (ed.), Applications of music in medicine(pp. 73-84). Washington, DC: National Association for Music Therapy.
Ries, H. (1969). GSR and breathing amplitude related to emotional reactions to music.Pschonomic Science, 14, 62.
Russell, J. A. (1980). A circumplex model of affect. Journal of Personality and Social Psychology, 39(6), 1161-1178.
Russell, J. A. (1983). Pancultural aspects of human conceptual organization of emotions.Journal of Personality and Social Psychology, 45, 1281-1288.
Savan, A. (1999). The effect of background music on learning. Psychology of Music, 27,138-146.
Sherwood, L. (2010). Human physiology from cells to systems. 7th ed. Canada: Brooks/Cole Cengage Learning.
Shatin, L. (1957). The influence of rhythmic drumbeat stimuli upon the pulse rate and general activity of long-term schizophrenics. Journal of Mental Science, 103, 172-188.
Scherer, K. (2005). What are emotions? And how can they be measured Social Science Information, 44695-729.
Scherer, K. R., Johnstone, T., & Klasmeyer, G. (2003). Vocal expression of emotion. In R. J. Davidson, K. R. Scherer, & H. H. Goldsmith (eds), Handbook of affective sciences (pp 433-456). Oxford: Oxford University Press.
Schlosberg, L. (1952). The description of facial expressions in terms of two dimension.Journal of Experimental Psychology, 44 229-237.
Schubert, E. (2004). modeling perceived emotion with continuous musical features. Music Perception, 21(4), 561-585.
Standley, J. (1991). The effect of vibrotactile and auditory stimuli on perception of comfort, heart rate, and peripheral finger temperature. Journal of Music Therapy, 28,120-134.
Stephanie, K., Peretz, I., Blondin, J., & Manon, R. (2002). Event-related skin conductance responses to musical emotions in humans.Neuroscience Letters, 328(2), 145-149.
Weld, H. (1912). An experimental study of musical enjoyment. American Journal of Psychology, 23, 245-308.
Zentner, M. & Eerola, T. (2010). Self-report measures and models: In P. N. Juslin & J. A. Sloboda (eds), Handbook of Music and emotion: Theory, research, applications (pp. 187-221). Oxford: Oxford University Press.
Zentner, M., Grandjean, D., & Scherer, K. (2008). Emotions evoked by the sound of music: Characterization, classification, and measurement. Emotion, 8(4), 494-521.
Zimmerman, L., Pierson, M., & Marker, J. (1988). Effects of music on patient anxiety in coronary care units. Heart Lung, 17 560-566.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar